Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167903
Title: Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Program Sarjana Di Institut Pertanian Bogor Dari Perspektif Pengguna
Authors: Seminar, Kudang Boro
Martianto, Drajat
Makbullah, Taufik
Issue Date: 2018
Publisher: IPB University
Abstract: Ketersediaan teknologi informasi saat ini bagi lembaga perguruan tinggi menjadi kebutuhan untuk menunjang proses pendidikan. Sistem Informasi Akademik (SIMAK) IPB merupakan sebuah aplikasi (perangkat lunak) yang mengatur seluruh proses kegiatan akademik diantaranya penyusunan jadwal perkuliahan, registrasi ulang melalui pengisian KRS Online, dan laporan data akademik. Tujuan dari penelitian ini menganalisis tingkat kualitas SIMAK IPB, menganalisis kendala pelaksanaan penggunaan SIMAK IPB dan merumuskan rekomendasi kebijakan untuk perbaikan layanan SIMAK IPB. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna SIMAK IPB di tingkat pengguna SIMAK mahasiswa semester 4, semester 6 dan semester 8, dan petugas akademik (Fakultas, Departemen, Direktorat). Penentuan sampel dari populasi 17.000 mahasiswa dengan tingkat kesalahan adalah 10 %, maka jumlah sampel adalah 99 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling berdasarkan semester (4, 6, 8). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SERVQUAL Gap menunjukkan tingkat kualitas penggunaan SIMAK IPB oleh penggunanya dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk menunjukan rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan. Alat bantu analisis yang digunakan adalah program aplikasi statistik yaitu software SPSS (Statistics for Product and Services Solution) for windows. Berdasarkan hasil SERVQUAL gap diketahui bahwa tingkat kinerja sudah lebih besar dari tingkat kepentingan yang dirasakan oleh Pengguna sistem akademik di Institut Pertanian Bogor terhadap jasa yang diberikan oleh Institut Pertanian Bogor karena skor SERVQUAL >-0, berarti jasa yang diberikan oleh Institut Pertanian Bogor sudah memenuhi harapan pengguna jasa. Hasil IPA pada kuadran A dalam diagram kartesius, berdasarkan persepsi mahasiswa terdapat enam atribut yang akan menjadi prioritas utama yang harus diperbaiki dan berdasarkan persepsi pegawai menunjukan ada terdapat enam atribut yang menjadi prioritas utama yang diperbaiki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pengguna terhadap SIMAK IPB yang diperoleh berdasarkan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa diperoleh rata-rata tingkat kepentingan 3.30 (setuju) dan kinerja 3.90 (puas), penyebaran kuesioner kepada pegawai diperoleh rata-rata tingkat kepentingan 3.38 (setuju) dan kinerja 3.94 (puas). Kendala pelaksanaan penggunaan SIMAK IPB secara keseluruhan tidak terjadi kesenjangan. Rumusan rekomendasi kebijakan bagi IPB untuk perbaikan layanan SIMAK IPB yaitu pada atribut SIMAK digunakan untuk melihat Rekapitulasi Studi, Daftar Hadir, Jadwal Kuliah dan Jadwal Departemen.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167903
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E19KTAM.pdf
  Restricted Access
2.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.