Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167858
Title: Strategi Pengembangan Bisnis Tanaman Hias Cv. Green Saujana Nursery
Authors: Najib, Mukhamad
Nurmalina, Rita
Indra, Zeta Fadilla
Issue Date: 2017
Publisher: IPB University
Abstract: Sektor pertanian merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Salah satu bagian dari hortikultura yang berpotensi untuk dikembangkan adalah tanaman hias. Pengembangan komoditas hortikultura khususnya florikultura mempunyai karakteristik tersendiri karena memiliki tujuan utama produksi untuk dijual, bukan untuk dikonsumsi sendiri. Tanaman hias merupakan tanaman yang memiliki karakteristik morfologi bernilai estetik dan eksotik, serta terpengaruh oleh tren. Tanaman hias di Indonesia saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang ditandai dengan meningkatknya daerah sentra dan berkembangnya pelaku usaha di daerah perkotaan. Hal tersebut berdampak dengan berkembangnya sistem RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang memberikan peluang bagi pelaku usaha tanaman hias. CV. Green Saujana Nursery merupakan salah satu perusahaan tanaman hias yang sedang berusaha mengembangkan usahanya. CV. GSN perlu memahami gambaran model bisnisnya saat ini, faktor internal dan eksternal yang dihadapi, mampu melakukan perbaikan model bisnis, dan langkah strategi dari perbaikan model bisnis yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran model bisnis saat ini di CV. GSN berdasarkan sembilan elemen bisnis model kanvas, mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada, merumuskan model bisnis kanvas perbaikan untuk pengembangan bisnis, dan merumuskan strategi pengembangan bisnis di CV. GSN. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, FGD, dan studi literatur. Penentuan responden dilakukan secara sengaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan model bisnis kanvas untuk mengidentifikasi kondisi bisnis dan mengetahui faktor internal dan eksternal. Analisis SWOT digunakan pada setiap elemen model bisnis kanvas. Analisis lingkungan model bisnis bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi model bisnis mengacu pada tren kunci, kekuatan industri, kekuatan pasar, dan kekuatan ekonomi makro. Selain itu juga penelitian ini menggunakan analisis persepsi pelanggan. Sembilan elemen tersebut juga digunakan untuk penyempurnaan model bisnis kanvas sebagai perumusan model binsis masa depan, strategi dan program perbaikan model bisnis CV. GSN. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan sembilan elemen dalam model bisnis kanvas CV. GSN, implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh manajemen terdiri dari tujuh macam alternatif strategi, yaitu (1) bekerjasama dan menambah mitra potensial, (2) pengembangan pasar, (3) penambahan modal usaha, (4) penambahan tenaga kerja dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, (5) pemanfaatan teknologi dan inovasi pertanian, (6) peningkatan kualitas dan kuantitas produk, dan (7) peningkatan layanan pre dan after sales
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167858
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R54ZFI.pdf
  Restricted Access
1.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.