Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167857
Title: Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Terhadap Kepuasan Kerja dan Employee
Authors: Ma'Arif, Syamsul
Sukmawati, Anggraini
Wardhana, Wisnu
Issue Date: 2017
Publisher: IPB University
Abstract: Yayasan XYZ adalah organisasi non-profit internasional yang berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan di seluruh Asia yang dinamis dan berkembang. Berdasarkan catatan dan kumpulan informasi dari pengalaman selama enam dekade dan dengan pengetahuan mengenai keahlian lokal yang mendalam, pekerjaan kami di seluruh wilayah Asia meliputi lima tujuan – memperkuat pemerintahan secara menyeluruh, pemberdayaan perempuan, memperluas kesempatan akses ekonomi, meningkatkan ketahanan lingkungan dan meningkatkan kerjasama regional (antar wilayah), dimana Indonesia adalah salah satu negara dimana Yayasan XYZ beroperasi. Tingkat kinerja yang baik tidak membuat tingkat turnover di Yayasan XYZ rendah, bahkan dapat dikatakan tinggi dan fenomena ini menarik penulis untuk mengaitkan dengan salah satu teori perilaku karyawan yaitu OCB dan kepuasan kerja. Teori OCB menarik para peneliti untuk melihat pengaruhnya terhadap karyawan baik dari kepuasan kerja dan employee engagement. Berdasarkan latar belakang ini penulis ingin menganalisis apakah terdapat perilaku OCB di karyawan Yayasan XYZ serta pengaruh OCB terhadap kepuasan kerja dan employee engagement di Yayasan XYZ dengan judul “Analisis Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Kepuasan Kerja terhadap Employee Engagement di Yayasan XYZ”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1. Menganalisis perilaku organization citizenship behavior (OCB), tingkat kepuasan kerja dan employee engagement yang terdapat pada karyawan Yayasan XYZ. 2. Menganalisis pengaruh organization citizenship behavior (OCB) dan kepuasan kerja terhadap employee engagement pada karyawan Yayasan XYZ. 3. Merumuskan strategi organisasi dalam employee engagement pada karyawan Yayasan XYZ berdasarkan teori perilaku organization citizenship behavior (OCB) dan teori kepuasan kerja. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survey yaitu penyebaran kuisioner kepada responden. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan Yayasan XYZ dari posisi country representative hingga administrative assistant. . Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert dengan ukuran ordinal (Umar 2005). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1. Studi lapangan (Field Research) pengumpulkan data dengan cara melakukan pengamatan langsung pada perusahaan yang bersangkutan, baik melalui observasi dan penyebaran kuesioner kepada para pegawai 2. Studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan data sekunder dari perusahaan, landasan teori dan informasi yang berkaitan dengan penelitian ini 3. Kuesioner, adalah pengumpulan data dengan cara menyebarkan daftar pertanyaan kepada responden yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Dalam penelitian ini, analisis data pada SEM-PLS akan menggunakan bantuan software SmartPLS. PLS merupakan metode alternatif dari Structural Equation Modeling (SEM) yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan hubungan diantara variabel yang kompleks namun ukuran sampel datanya kecil (30 sampai 100), mengingat SEM memiliki ukuran sampel data minimal 100 (Hair et al. 2011) Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Variabel Organizational Citizenship Behavior (OCB) paling dipengaruhi oleh indikator conscientiousness (0.891), kemudian courtesy (0.856), sportsmanship (0.805), civic virtue (0.758) dan altruism (0.532). Hal ini menandakan sikap OCB karyawan dari yayasan XYZ paling dibentuk oleh sikap conscientiousness. Variabel kepuasan kerja paling dipengaruhi oleh indikator karir (0.835), kemudian rekan kerja (0.820), pekerjaan (0.804), gaji (0.773) dan supervisi (0.658). Hal ini menandakan sikap OCB karyawan dari yayasan XYZ paling dibentuk oleh karir. Variabel employee engagement paling dipengaruhi oleh indikator belong (0.931), kemudian grow (0.903), get (0.886) dan give (0.867). Hal ini menandakan sikap OCB karyawan dari yayasan XYZ paling dibentuk oleh indikator belong. 2. Organization citizenship behavior berpengaruh positif signifikan secara langsung terhadap kepuasan kerja sebesar 0.645 artinya semakin baik organization citizenship behavior (OCB) yang dominan direflektifkan oleh Conscientiousness, Courtesy, Sportmanship maka semakin meningkatkan kepuasan kerja pegawai. Organization citizenship behavior (OCB) juga berpengaruh positif signifikan secara langsung terhadap employe engagement sebesar 0.493 artinya semakin baik organization citizenship behavior (OCB) yang dominan direflektifkan oleh Conscientiousness, Courtesy, Sportmanship maka semakin meningkatkan employee engagement pegawai. Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan secara langsung terhadap employee engagement sebesar 0.530 artinya semakin tinggi kepuasan kerja pegawai maka semakin meningkatkan employe engagement pegawai. 3. Optimalisasi pada peluang yang dihasilkan dari penelitian, serta meningkatkaan penerapan-penerapan indikator yang berpengaruh paling signifikan positif terhadap peningkatan Employee Engagement, seperti Coinscientiousness (OCB), Karir (Kepuasan Kerja) dan Belong (Employee Engagement) perlu direncanakan dengan baik oleh bagian Sumber Daya Manusia di Yayasan XYZ dan mendapatkan persetujuan dari Pimpinan. 4. Turnover yang cukup tinggi yang terjadi diharapkan dapat ditekan dengan dengan penerapan perilaku OCB, Kepuasan Kerja dan Employee Engagement. Rasa memiliki organisasi yang kuat merupakan salah satu faktor yang dapat mengikat karyawan untuk terus berada dan bekerja di Yayasan XYZ.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167857
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E53WIW.pdf
  Restricted Access
1.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.