Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167848
Title: Strategi Pengembangan Pt Xyz Pada Industri Katering Penerbangan
Authors: Sinaga, Bonar
Djohar, Setiadi
Dewi, Martiana Kartika
Issue Date: 2017
Publisher: IPB University
Abstract: Pelayanan maskapai penerbangan menjadi salah satu daya tarik penumpang dalam menentukan pemilihan maskapai penerbangan. PT XYZ merupakan anak perusahaan dari maskapai penerbangan milik negara yaitu PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak dalam bisnis katering penerbangan. Kinerja keuangan dalam kurun waktu 2012 hingga 2016, revenuemengalami peningkatan sebesar 48,64%, sedangkan untuk gross profit dan net profit cenderung mengalami penurunan mulai dari tahun 2014. Penurunan profit pada tahun 2016 terjadi cukup signifikan yaitu mencapai 29,90% untuk gross profit dan 65,14% untuk net profit dibandingkan tahun sebelumnya. Persaingan dengan kompetitor utama dalam bisnis katering penerbangan semakin meningkat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Hal tersebut ditandai dengan beralihnya tiga customer PT XYZ unit CGK ke kompetitor pada tahun 2015 s/d 2016 yaitu Qatar Airways (QR) pada Januari 2015, All Nippon Airways (NH) pada Juni 2015, dan China Shoutern Airlines (CZ) pada Januari 2016. Qatar Airways dan ANA merupakan dua airlines yang termasuk 5 customer airlines dengan revenue terbesar PT XYZ Unit CGK. Strategi yang komprehensif diperlukan sebagai dasar perusahaan dalam mengambil keputusan dan langkahlangkah perbaikan untuk menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompleks. PT XYZ Unit CGK perlu merumuskan strategi perkembangan usaha untuk menjamin keberlangsungan bisnis perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keunggulan bersaing PT XYZ Unit Jakarta (CGK) untuk pengembangan bisnis perusahaan dan menganalisis serta merumuskan strategi pengembangan usaha yang tepat bagi PT XYZ Unit Jakarta (CGK). Metode yang digunakan dalam penelitian adalahobservational case studydengan pendekatan analisis IFE dan EFE untuk penyusunan Matriks IE hingga diperoleh alternatif strategi. Pemilihan prioritas strategi dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT XYZ mampu memberikan respon yang baik untuk faktor eksternal dan internal perusahaan. Hasil alternatif strategi pada tahapan pencocokan adalah strategi intensif yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk atau strategi integrasi yaitu integrasi ke belakang, integrasi ke depan dan intergrasi horizontal. Hasil evaluasi dengan Matriks QSPM diketahui startegi prioritas pada PT XYZ adalah dengan mengembangkan paket one stop service dinilai pakar paling sesuai dengan kondisi perusahaan dan dikembangkan menjadi salah satu strategi pengembangan bisnis. Dalam jangka panjang PT XYZ perlu mengembangkan pasar untuk sektor non penerbangan mengingat pasar untuk katering penerbangan sifatnya captive dan memerlukan jangka waktu lama untuk berkembang.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167848
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E52MKD.pdf
  Restricted Access
2.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.