Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167829
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuljono, Pudji
dc.contributor.advisorAfendi, Farit M
dc.contributor.authorRamli, Nurjannah
dc.date.accessioned2025-08-07T10:08:33Z
dc.date.available2025-08-07T10:08:33Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167829
dc.description.abstractMahasiswa Program Studi Kedokteran sebagai calon sarjana kedokteran diharapkan dapat memiliki prestasi akademik yang baik sebagai bekal mereka untuk melanjutkan pendidikan pada program profesi. Self directed learning readiness juga merupakan salah satu bekal yang harus dimiliki oleh mahasiswa baik dalam mengikuti pendidikan pada program sarjana kedokteran maupun pada program profesi dokter yang menerapkan metode pembelajaran yang menuntut keaktifan dan kemandirian mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik mahasiswa, faktor internal dan faktor eksternal terhadap self directed learning readiness dan prestasi akademik serta menganalisis pengaruh self directed learning readiness terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Penelitian ini merupakan sensus terhadap mahasiswa tahun ke IV Program Studi Sarjana Kedokteran Universitas Tadulako. Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dengan teknik rentang kriteria dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Peubah laten eksogen pada penelitian ini mencakup karakteristik mahasiswa, faktor internal dan faktor eksternal, sedangkan peubah laten endogen meliputi self directed learning readiness dan prestasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data menggunakan SEM, self directed learning readiness dan prestasi akademik mahasiswa tahun ke IV Program Studi Kedokteran Universitas Tadulako dipengaruhi oleh karakteristik mahasiswa dan faktor internal. Karakteristik mahasiswa berpengaruh signifikan negatif terhadap self directed learning readiness sebesar 0.176 dengan t-statistik 4.375 (lebih besar dari t- tabel 1.96) dan berpengaruh signifikan positif terhadap prestasi akademik sebesar 0.150 dengan tstatistik 3.260. Faktor internal berpengaruh signifikan positif terhadap self directed learning readiness dan prestasi akademik masing-masing sebesar 0.725 dan 0.217 dengan t-statistik masing-masing 19.994 dan 2.318. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa faktor eksternal tidak berpengaruh terhadap self directed learning readiness dan prestasi akademik serta self directed learning readiness tidak berpengaruh terhadap pencapaian prestasi akademik.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Sumber Daya Manusiaid
dc.titlePengaruh Self Directed Learning Readiness Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulakoid
dc.subject.keywordPrestasi Akademikid
dc.subject.keywordSelf Directed Learning Readinessid
dc.subject.keywordStructural Equation Modeling (Sem)id
dc.subject.keywordAnalisis Deskriptifid
dc.subject.keywordTeknik Rentang Kriteriaid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
22EKNRI.pdf
  Restricted Access
1.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.