Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167785
Title: Analisa Efektivitas dan Efesiensi Depo Distribusi Bandung Untuk Meningkatkan Penjualan
Authors: Sahara
Kirbrandoko
Apriell, Louis
Issue Date: 2017
Publisher: IPB University
Abstract: Saluran distribusi mempunyai arti yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan perusahaan, karena barang atau jasa akan sampai ke tangan konsumen melalui saluran distribusi langsung maupun saluran tidak langsung. Distribusi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rantai pasok suatu produk, oleh karena itu dibutuhkan suatu proses yang efisien, yang menjamin produk sampai ke tangan konsumen dengan biaya yang minimal, termasuk didalamnya distribusi produk minyak pelumas untuk kendaraan bermotor. Setelah DKI Jakarta, Jawa Barat merupakan area yang memiliki potensi pasar pelumas terbesar di Indonesia yaitu lebih dari 10% pangsa pasar pelumas nasional dikontribusi dari Jawa Barat. PTA merupakan salah satu distributor pelumas yang melakukan distribusi di area Jawa Barat dan memiliki depo di Bandung. Depo Bandung memiliki potensi pelumas sebesar 35% dari total Jawa Barat atau sebesar 4.2 juta liter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan efesiensi distribusi PTA di depo Bandung. Penelitian yang dilakukan di PTA Bandung adalah menganalisa tingkat efektivitas tenaga penjual, pemetaan area, sebaran kompetitor dan tingkat efesiensi setiap tenaga penjual terhadap pencapaian penjualan di tahun 2016. Metode analisa yang digunakan adalah analisa deskriptif mengunakan data primer dan sekunder dan pengolahaan data mengunakan sistem Sadix dan DPMS dengan alat bantu Microsoft Excel 2010. Analisa yang dilakukan adalah melakukan perbandingan antara efektivitas kunjungan terhadap performa penjualan tenaga penjual, di lihat dari area distribusi, pengalaman kerja dan kompetitor di masing-masing area distribusi. Hasil Analisa efektivitas akan dibandingkan dengan efesiensi dari setiap tenaga penjual untuk melihat tingkat efesiensi. Hasil penelitian menunjukan efektivitas tenaga penjual pada tahun 2016 sudah efektif. Hal ini dibuktikan dari hasil analisa data dan pencapaian target penjualan setiap tenaga penjual pada tahun 2016. Setiap tenaga penjual sudah memiliki minimum tigabelas (13) kunjungan ke bengkel perhari dan supervisi sudah melakukan pemetaan area berdasarkan jalur distribusi pengiriman barang. Namun dari hasil analisa efesiensi tenaga penjual, pencapaian target penjualan tidak selalu berdampak positif terhadap tingkat pengembalian yang ditargetkan perusahaan. Faktor kesalahan penetapan target penjualan dan komposisi produk yang akan dijual mempengaruhi tingkat pengembalian yang ditargetkan perusahaan untuk masing-masing tenaga penjual. Disarankan perusahaan memiliki mekanisme pemberian insentive tambahaan agar setiap tenaga penjual dapat melakukan kunjungan secara rutin.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167785
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E51LOA.pdf
  Restricted Access
1.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.