Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167753
Title: Strategi Bisnis Pt.Pelayaran Bahtera Adhiguna Dalam Industri Pelayaran
Authors: Baga, Lukman M.
Hascaryo, Budhi
Nugroho, Adhiguna Wahyu
Issue Date: 2017
Publisher: IPB University
Abstract: Kondisi perekonomian Indonesia menunjukan peningkatan sejak tahun 2015- 2016. Peningkatan tersebut berdampak positif bagi perkembangan pertumbuhan industri pelayaran di Indonesia. Meski mengalami pertumbuhan, produktivitas perusahaan pelayaran nasional masih kalah bersaing dengan perusahaan asing. Produktivitas tersebut terlihat dari kapasitas pengangkutan perusahaan pelayaran asing yang masih lebih unggul dibandingkan dengan kapasitas pengangkutan perusahaan pelayaran nasional. Pengangkutan komoditas batubara menggunakan transportasi laut merupakan salah satu pengangkutan yang diandalkan oleh perusahaan pelayaran di Indonesia. Program pembangkit listrik 35.000 megawatt yang membutuhkan pemerataan pasokan batuabara menjadikan tantangan bagi setiap perusahaan pelayaran nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja pada fungsi operasional PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAg), menganalisis kondisi internal dan kondisi eksternal, merumuskan arsitektur strategik yang dapat diterapkan untuk strategi bisnis BAg di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran atas suatu peristiwa atau gejala disuatu tempat tertentu dengan menggunakan pendekatan penelitian non statistik dengan survey yang dilakukan di BAg. Hasil yang didapatkan dari analisis tersebut berupa solusi dari kondisi permasalahan yang dihadapi perusahaan saat ini. Responden pada penelitian ini yaitu pegawai BAg yang memiliki wewenang dalam pengambilan keputusan strategis. Teknik pengolahan dan analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan wawancara dan kuesioner. Alat bantu analisis yang digunakan adalah analisis lingkungan eksternal menggunakan matriks EFE dan analisis lingkungan internal menggunakan matriks IFE. Selanjutnya untuk memperoleh gambaran dalam strategi bisnis di masa yang akan datang menggunakan arsitektur strategi. Berdasarkan hasil penelitian pada BAg diperoleh kesimpulan bahwa kinerja keuangan perusahaan khususnya efisiensi biaya pemeliharaan masih harus mendapatkan perhatian. Kontrak angkutan jangka panjang merupakan kekuatan utama BAg untuk bertahan dalam ketatnya persaingan bisnis jasa angkutan laut. Kebutuhan batubara pada program pembangkit listrik 35.000 MW menjadikan peluang utama BAg untuk terus meningkatkan eksistensi perusahaan dalam ketatnya persaingan perusahaan pelayaran di Indonesia. Strategi bisnis perusahaan difokuskan dengan memberikan pelayanan yang optimal dengan fasilitas pendukung berupa terintegrasinya sistem teknologi informasi dalam kegiatan operasional.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167753
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E56AWN.pdf
  Restricted Access
2.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.