Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167709
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNurmalina, Rita
dc.contributor.advisorSyuaib, M. Faiz
dc.contributor.authorDisa, Arsy Annasla
dc.date.accessioned2025-08-07T10:01:21Z
dc.date.available2025-08-07T10:01:21Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167709
dc.description.abstractPertumbuhan masyarakat Indonesia yang semakin meningkat memberikan pengaruh terhadap peningkatan daya beli produk kesehatan, terutama pada masyarakat kelas menengah atas. Saat ini masyarakat kelas menengah atas tidak hanya memenuhi kebutuhan pokok tetapi juga sudah beralih pada pola hidup sehat. Salah satu produk kesehatan yang sudah banyak dikenal masyarakat adalah madu. Madu merupakan produk minuman alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Manfaat madu bagi kehidupan manusia, diantaranya sebagai obat-obatan untuk kesehatan, kecantikan dan bahan baku pangan. Saat ini permintaan konsumsi madu di Indonesia mengalami peningkatan, namun produksi madu di Indonesia belum memenuhi kebutuhan. PT. Madu Pramuka merupakan salah satu perusahaan pembudidayaan lebah di Indonesia dalam membuat produk madu yang telah berdiri sejak tahun 1970. Dari sekian banyak produk madu yang dihasilkan PT. Madu Pramuka memiliki tiga produk madu unggulan, yaitu madu super, madu kapuk dan madu multiflora. Produk madu tersebut merupakan produk yang paling banyak diminati oleh konsumen sehingga menjadi produk andalan bagi perusahaan. Namun perusahaan mengalami penurunan produk madu sehingga belum mampu memenuhi permintaan madu yang terus meningkat, karena kurangnya bahan baku madu. Hal ini menyebabkan perusahaan harus mampu menetapkan strategi yang sesuai untuk memperbaiki model bisnis produk madu pramuka. Tujuan dari penelitian ini: (1) mengidentifikasi elemen-elemen model bisnis yang dijalankan untuk pengembangan produk madu pada PT. Madu Pramuka; (2) menyusun perbaikan model bisnis terhadap pengembangan produk madu pada PT. Madu Pramuka; (3) merumuskan dan menyusun strategi pengembangan bisnis produk madu pada PT. Madu Pramuka untuk masa mendatang. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT dalam mengidentifikasi dan merumuskan alternatif strategi perbaikan untuk pengembangan produk madu pramuka di masa depan. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa perbaikan pada beberapa elemen model bisnis perlu dilakukan untuk pengembangan bisnis model produk madu pramuka di masa depan. Perbaikan tersebut dapat dilakukan melalui penyusunan alternatif strategi, yaitu meningkatkan kapasitas produk madu, mengembangkan produk madu turunan, pengembangan teknologi, memberikan kesejahteraan karyawan dan meningkatkan promosi.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Strategikid
dc.titleAnalisis Pengembangan Model Bisnis Produk Madu Pada Pt. Madu Pramuka Melalui Pendekatan Business Model Canvasid
dc.subject.keywordAnalisis Swotid
dc.subject.keywordBmcid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R53AAD.pdf
  Restricted Access
1.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.