Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167675
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.advisorSahara
dc.contributor.authorTartiani, Yuni Astuti Tri
dc.date.accessioned2025-08-07T09:59:24Z
dc.date.available2025-08-07T09:59:24Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167675
dc.description.abstractPeningkatan dan perbaikan kinerja sangat penting dilakukan agar perusahaan dapat mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Perancangan suatu sistem pengukuran kinerja yang komprehensif merupakan dasar perencanaan strategi perusahaan agar lebih baik lagi kedepannya. Pengukuran dengan hanya berdasarkan pada laporan keuangan tidak lagi memadai dalam menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompleks. Setiap perusahaan dapat menggunakan berbagai pendekatan dalam mengukur kinerjanya. Salah satu pengukuran kinerja komprehensif dan memberikan suatu pandangan yang lebih seimbang dibanding metode lainnya adalah Balanced Scorecard (BSC). Dalam BSC, setiap perspektif, sasaran strategis dan KPI perlu dilakukan pembobotan untuk melihat kontribusinya terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan. Metode yang dapat digunakan dalam pembobotan tersebut adalah Analytic Hierarchy Process (AHP). PT Sayuran Siap Saji merupakan salah satu perusahaan pemasok sayuran yang sedang berkembang. Perancangan pengukuran kinerja komprehensif dengan pendekatan BSC dapat membantu PT Sayuran Siap Saji dalam mencapai tujuannya serta memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu pengukuran kinerja menggunakan pendekatan BSC bagi PT Sayuran Siap Saji dengan terlebih dahulu menganalisis sasaran strategis dan KPI, menentukan target dan inisiatif strategis, menentukan prioritas sasaran strategis dalam empat perspektif BSC serta menyusun peta strategi berdasarkan sasaran strategis pada setiap perspektif BSC. Penelitian dilakukan menggunakan teknik deskrtiptif dalam bentuk studi kasus. Teknik penetapan narasumber dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu pihak manajemen PT Sayuran Siap Saji. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui wawancara mendalam, wawancara terstruktur menggunakan alat bantu kuesioner dan studi pustaka. Berdasarkan hasil perancangan Balanced Scorecard PT Sayuran Siap Saji diperoleh 19 sasaran strategis dengan 46 KPI. Penetapan target dan inisiatif strategis dilakukan berdasarkan diskusi mendalam dengan pihak manajemen dan beberapa indikator terdapat pada Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) PT Sayuran Siap Saji. Penentuan prioritas sasaran strategis dilakukan dengan menggunakan metode AHP yang pengolahannya dilakukan dengan software expert choice 2000. Hasil penelitian ini menunjukkan perspektif pelanggan berada pada prioritas tertinggi, kemudian perspektif keuangan, perpektif pertumbuhan dan pembelajaran dan terakhir perspektif proses bisnis internal. Peta strategi PT Sayuran Siap Saji memperlihatkan keterkaitan antara sasaran strategis dari setiap perspektif. Semua ukuran strategis perspektif berhubungan erat dengan kinerja dari perspektif keuangan.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManjemen Strategiid
dc.titlePerancangan Pengukuran Kinerja Di Pt Sayuran Siap Sajiid
dc.subject.keywordAnalytic Hierarchy Proces (Ahp)id
dc.subject.keywordBalanced Scorecardid
dc.subject.keywordPerformance Measurementid
dc.subject.keywordPt Sayuran Siap Sajiid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E52YATT.pdf
  Restricted Access
2.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.