Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167659
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBakhtiar, Toni
dc.contributor.advisorIskandar, Budhi Hascaryo
dc.contributor.authorRistiani
dc.date.accessioned2025-08-07T09:58:30Z
dc.date.available2025-08-07T09:58:30Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167659
dc.description.abstractPermasalahan distribusi dan transportasi menjadi penting karena besarnya proporsi biaya yang harus dikeluarkan untuk aktivitas-aktivitas distribusi dalam manajemen logistik. Melihat kontribusi biaya yang besar, diperlukan adanya usaha dalam rangka meningkatkan efisiensi transportasi melalui optimasi penggunaan peralatan dan personil transportasi. Pengetahuan perihal penentuan rute merupakan komponen utama sistem transportasi yang harus dievaluasi dan diperbaiki dalam rangka menyelesaikan permasalahan transportasi. Persoalan penentuan rute distribusi sering disebut dengan Vehicle Routing Problem (VRP). Sistem pengiriman produk pada CV RST yaitu menyewa kendaraan untuk mengantarkan produk ke pelanggan. Pelanggan didefinisikan sebagai retailer yang secara kontinu membeli produk pada waktu tertentu setiap bulan. Jumlah kendaraan yang disewa disesuaikan oleh jumlah pelanggan, artinya satu kendaraan disewa untuk mengantarkan produk ke satu pelanggan (One-to-One Relationship). Hal ini dikarenakan kapasitas kendaraan yang disewa hanya cukup untuk mengantarkan produk ke satu pelanggan. Distribusi dengan sistem sewa tersebut menyebabkan biaya transportasi tinggi dan menjadi tidak efisien karena setiap kendaraan dengan tujuan daerah masing-masing pelanggan memiliki biaya sewa yang berbeda. Tujuan yang diharapkan dapat dicapai dari penelitian ini adalah memodelkan VRP pada CV RST dalam bentuk pemrograman linear bilangan bulat (integer linear programming) dan menentukan rute pengiriman produk yang optimal untuk meminimumkan jarak tempuh kendaraan dan biaya transportasi. Metode deskriptif studi kasus digunakan untuk mendapatkan data primer dan data sekunder. Data-data ini dianalisis menggunakan pendekatan eksak dengan algoritma branch-and-bound. Penelitian ini menyajikan lima skenario penggunaan kendaraan dengan kapasitas berbeda, yaitu tiga skenario kendaraan heterogen dan dua skenario kendaraan homogen. Skenario untuk kecepatan kendaraan dibagi menjadi skenario optimis dan skenario pesimis. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu studi kasus. Studi kasus menjelaskan lebih mendalam mengenai rute transportasi. Hasil analisis skenario kapasitas kendaraan menjelaskan bahwa solusi yang diperoleh skenario 1 dan skenario 2 adalah global optimum, sementara skenario 3, skenario 4, dan skenario 5 memperoleh solusi feasible. Skenario 2 membutuhkan waktu analisis lebih lama dari skenario 1 karena variabel bilangan bulat dan jumlah kendala yang lebih banyak, sehingga iterasinya juga lebih banyak. Skenario 3 dan skenario 5 memiliki nilai objektif yang sama, yaitu 2877.9. Hal ini dikarenakan kesamaan jumlah variabel bilangan bulat dan kemiripan kombinasi armada yang digunakan. Perhitungan biaya sewa kendaraan menunjukkan bahwa apabila perusahaan menggunakan skenario kendaraan heterogen, maka biaya sewa kendaraan dapat berkurang minimal 8.7 persen dan maksimal 38.5 persen. Sementara pada penggunaan skenario kendaraan homogen, nilai minimal penghematan biaya sewa
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Produksi Dan Operasiid
dc.titleOptimasi Rute Pengiriman Produk Cv Rst Untuk Meminimumkan Jarak Tempuh Kendaraan dan Biaya Transportasiid
dc.subject.keywordBrnach-And-Boundid
dc.subject.keywordDistribusiid
dc.subject.keywordPendekatan Eksakid
dc.subject.keywordRuteid
dc.subject.keywordVehicle Routing Problem (Vrp)id
dc.subject.keywordFormulasi Model Integer Linear Programmingid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R53RIS.pdf
  Restricted Access
2.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.