Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167609
Title: Analisis Gaya Hidup, Inovasi Produk dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hen'S Instant Omelette (Studi Kasus Pada Pt.Eco Nature Multindo)
Authors: Yuliati, Lillik Noor
Maulana, Agus
Al Rasyid, Muhammad Harun
Issue Date: 2016
Publisher: IPB University
Abstract: PT Eco Nature Multiindo merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan food processing. Salah satu produk yang dihasilkannya adalah produk Hen’s Instant Omelette. Hen’s Instant Omelette merupakan salah satu bentuk produk inovasi yang ada di Indonesia. Pesaing produk Hen’s di Indonesia belum ada sehingga dipasaran Hen’s menjadi produk pertama di Indonesia dalam jenis produk telur instan. Hen’s baru dipasarkan selama tahun 2015 menggunakan sistem pemasaran online, pameran, dan bazar. Target utama dari produk ini adalah pendaki gunung dan traveler. Gaya hidup mereka yang sering berpergian dan menginginkan produk yang praktis dan tahan lama dirasa paling cocok sebagai target konsumen. Respon konsumen terhadap produk ini cukup bagus terlihat dari penjualan produk yang telah terjual mencapai 6.000 botol selama 8 bulan. Namun masih jauh dari target perusahaan yang menargetkan penjualan 7.500 botol per bulan sesuai dengan potensi pasar dan kapasitas produksi perusahaan 300 botol sehari. Hal tersebut dikarenakan penjualan produk pada target kosumen dan pembelian ulang produk masih rendah. Target penjualan sendiri diukur dari kemampuan kapasitas produksi perbulan dan melihat total segmentasi produk. Sampai saat ini penjualan produk tersebut dirasa belum maksimal. Produk Hen’s Instant Omelette yang di buat oleh PT Eco Nature Multiindo dipilih sebagai objek penelitian. Hen’s instant omelette merupakan produk inovasi yang tergolong baru sehingga tidak memiliki kompetitor sejenis yang dapat dijadikan indikator, maka diperlukan penelitian untuk meningkatkan daya jual produk. Selain itu pada saat penjualan ada beberapa orang yang membeli bukan dari kalangan pendaki gunung. Oleh sebab itu perusahaan ingin mengetahui apakah penjualan produk sudah sesuai pada target konsumen dan melihat hal apa yang mempengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis gaya hidup pengguna produk Hen’s Instan Omelette (2) menganalisis pengaruh gaya hidup, inovasi produk dan bauran pemasaran produk Hen’s Instant Omelette terhadap keputusan pembelian (3) merumuskan implikasi manajerial bagi perusahaan. Ruang lingkup penelitian ini mengenai segmen pengguna berdasarkan gaya hidup di analisis menggunakan analisis faktor. Sedangkan untuk melihat pengaruh gaya hidup, inovasi produk, dan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Hen’s Instant Omelette menggunakan analisis Structural Equation Modeling. Penelitian ini dibatasi pada target konsumen yaitu konsumen yang telah memcoba produk Hen’s Instant Omelette. Konsumen yang menjadi responden ini berlokasi diseluruh Indonesia. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online yang diisi langsung oleh konsumen Hen’s Instant Omelette.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167609
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R52MHAR.pdf
  Restricted Access
1.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.