Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167602
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuwarsinah, Heny K
dc.contributor.advisorDjohar, Setiadi
dc.contributor.authorPurwantoro
dc.date.accessioned2025-08-07T09:55:31Z
dc.date.available2025-08-07T09:55:31Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167602
dc.description.abstractIndonesia mempunyai pertumbuhan industri kendaraan bermotor tertingi di Asia Tenggara. Tingginya pertumbuhan industri kendaraan bermotor diikuti pula oleh tumbuhnya industri komponen otomotif sebagai pendukungnya. Kebijakan pemerintah untuk mendukung perkembangan industri otomotif juga mengundang pelaku bisnis komponen otomotif dari negara asing untuk masuk ke Indonesia. Masuknya produsen komponen otomotif asing di Indonesia menjadikan persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Dalam lingkungan bisnis dengan industry actractiveness yang masih tinggi strategi dan capability sumberdaya yang unggul merupakan faktor penting bagi perusahaan komponen otomotif dalam negeri untuk memenangkan persaingan. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan utama yaitu: (1) menganalisis keterkaitan antara kinerja perusahaan terhadap pemilihan strategi bersaing perusahaan; (2) menganalisis keterkaitan antara konfigurasi sumberdaya perusahaan, srategi dan kinerja perusahaan; dan (3) menganalisis pengaruh keberadaan sumberdaya dan capability unggulan terhadap strategi dan kinerja perusahaan. Resources base view dipergunakan untuk menganalisis keterkaitan antara strategi bersaing Porter, sumberdaya perusahaan dan kinerja. Perusahaan dibagi kedalam kelompok strategi bersaing dan berdasarkan konfigurasi sumberdaya perusahaan yaitu product based dan process based dan membandingkan kinerja dari masing-masing kombinasi. Hubungan antara konfigurasi sumberdaya dan strategi dianalisis untuk mengetahui pengaruh perbedaan konfigurasi sumberdaya dan distinctive competence dalam satu grup strategi dan menganalisis keterkaitannya dengan kinerja perusahaan. Temuan utama dalam penelitian ini adalah bahwa perbedaan kinerja diantara grup strategi dipengaruhi oleh perbedaan konfigurasi sumberdaya. Perusahaan yang menyesuaikan strategi dengan dukungan sumberdaya terhadap kondisi lingkungan binisnya memperlihatkan kinerja yang terbaik. Dalam satu grup strategi, kinerja perusahaan tidak sama. Perbedaan kinerja dipengaruhi oleh distinctive competence dalam sumberdaya yang dimiliki perusahaan. Lebih banyak distinctive competence yang dimiliki perusahaan membuat perusahaan mudah beradaptasi dan menghasilkan kinerja yang optimal. Implikasi manajerial dari penelitian ini menyarankan agar perusahaan mencari kesesuaian antara konfigurasi sumberdaya dengan strategi yang menghasilkan kinerja optimal. Perusahaan tidak disarankan untuk meniru begitu saja strategi dari perusahaan dengan kinerja terbaik tetapi perusahaan tersebut menerapkan konfigurasi sumberdaya yang berbeda. Perusahaan harus memahami terlebih dahulu ketersediaan sumberdaya dan mengkoordinasikan aktifitas seluruh sumberdaya untuk membentuk capability dan mengadaptasi ke arah strategi acuan dalam satu konfigurasi sumberdaya. Perusahaan dengan kinerja dibawah rata-rata industri harus mencari kesesuaian antara konfigurasi sumberdaya dengan strategi yang menghasilkan kinerja optimal. Mengembangkan sumberdaya dan memiliki distinctive competence dengan cara akuisisi melalui kerja sama partner menjadi pilihan untuk meningkatkan capability organisasi.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Strategiid
dc.titleAnalisis Strategi Bersaing dan Pengukuran Kinerja Dengan Pendekatan Resource Base View Perusahaan Komponen Otomotif Indonesiaid
dc.subject.keywordCompetitive Advantageid
dc.subject.keywordKinerjaid
dc.subject.keywordResourcesid
dc.subject.keywordStrategiid
dc.subject.keywordResources Base View (Rbv)id
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E47PURTO.pdf
  Restricted Access
1.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.