Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167556
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRifin, Amzul
dc.contributor.advisorNajib, Mukhamad
dc.contributor.authorIlahi, Ridho
dc.date.accessioned2025-08-07T09:53:07Z
dc.date.available2025-08-07T09:53:07Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167556
dc.description.abstractTujuan utama perusahaan adalah mencapai laba yang maksimum guna memaksimalkan nilai para pemegang saham. Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan harus dapat meningkatkan kinerjanya dengan mengelola aktivitas bisnisnya secara efektif, efisien dan ekonomis. Aktivitas bisnis tersebut tercipta karena adanya transaksi antara supply dan demand. Berdasarkan data yang disampaikan oleh WINA (World Instant Noodle Association) bahwa industri mie instant di Indonesia terus mengalami peningkatan permintaan setiap tahunnya. Namun, salah satu pelaku bisnis mie instant terbesar di Indonesia PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. mengalami penurunan penjualan sebesar 0,5% dan market share sebesar 0,2% pada tahun 2013 ke tahun 2014. Agar tujuan utama perusahaan dalam maksimum laba dapat tercapai perlu adanya upaya peningkatan rantai nilai (value chain). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang membentuk value chain dan value chain prioritas dalam mendukung perusahaan mecapai laba maksimum pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Divisi Mie Instant. Penelitian ini menggunakan metode exploratory dengan unsur-unsur rantai nilai pada perusahaan. Dimensi yang diteliti adalah inbound logistic, operation, outbond logistic, marketing & sales, service, firm infrastructure, human resources management, technology development, dan procurement. Dari dimensi yang diteliti dihasilkan 35 item yang menjadi alat ukur dari pernyataan pada kuesioner. Responden data primer penelitan ini didapat dari 90 orang pelaku aktifitas supply chain pada perusahaan dengan metoda convenience sampling. Survey penelitian ini dilakukan di PT. Indofood CBP Sukses Makmurt Tbk Divisi Mie Instant. Fokusnya survey pada Cabang DKI, Cabang Cibitung, & Cabang Bandung. Skala yang digunakan pada penelitian ini adalah skala likert dimodifikasi menjadi empat yang ditransformasi menjadi skala interval. Analisis faktor dengan Confirmatory Factor Analysis digunakan untuk menggali faktor-faktor yang membentuk rantai nilai pada perusahaan. Berdasarkan sembilan faktor rantai nilai melalui analisis faktor dengan CFA dapat direduksi tiga faktor yang membentuk rantai nilai pada perusahaan yaitu faktor operation, faktor outbond logistic, dan faktor service. Dan yang menjadi faktor prioriras didapat ada enam faktor yaitu Inbound Logistic, Marketing & sales, Firm Infrastructure, Human Resource Management, Technology Development, Procurement.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Produksi Dan Operasiid
dc.titleAnalisis Rantai Nilai Pada Pt Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk Divisi Mie Instantid
dc.subject.keywordAnalysis Factor Dengan Cfaid
dc.subject.keywordIndustri Mie Instanid
dc.subject.keywordSupply Chainid
dc.subject.keywordValue Chain Analysisid
dc.subject.keywordFirm Value Chainid
dc.subject.keywordBuyer Value Chainid
dc.subject.keywordSupplier Value Chainid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E47RII.pdf
  Restricted Access
2.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.