Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167529
Title: Perencanaan Kebutuhan Pranata Laboratorium Pendidikan Di Institut Pertanian Bogor
Authors: Maarif, M Syamsul
Sutriah, Komar
Prasetyo, Eko
Issue Date: 2016
Publisher: IPB University
Abstract: Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 03/Januari/2010 dan Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 02/V/PB/2010 dan No. 13/Mei/2010, telah mulai ditetapkan jabatan fungsional bagi teknisi, laboran, analis dan instruktur yang sekarang dikenal dengan nama Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP). PLP merupakan jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggungjawab, dan wewenang untuk melakukan pengelolaan laboratorium pendidikan yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan hak dan kewajiban yang diberikan secara penuh oleh pejabat yang berwenang. PLP memiliki ruang lingkup tugas mengelola laboratorium berdasarkan metode keilmuan tertentu, baik untuk pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Tridharma Perguruan Tinggi). Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai sebuah institusi pendidikan tentu sangat perlu melakukan perencanaan sumberdaya manusia terutama sejak dicanangkannya IPB sebagai Research Based University, yang salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas output riset yang mau tak mau melibatkan berbagai laboratorium di IPB. Oleh karena itu, perencanaan PLP yang mendukung performa laboratorium dalam pencapaian visi dan misi tersebut sangat dibutuhkan. Laboratorium memegang peranan penting dan strategis dalam mendukung kegiatan akademik di perguruan tinggi yang merupakan sarana bagi mahasiswa dan dosen dalam melakukan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Laboratorium perguruan tinggi harus dikelola oleh tenaga kependidikan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) secara profesional agar fungsi laboratorium pada kegiatan tridharma perguruan tinggi dapat maksimal sesuai dengan fungsi keberadaan laboratorium tersebut. Visi dan Misi Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional dengan pencanangan Research Based University (RBU), harus didukung oleh sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas tinggi. Institut Pertanian Bogor sebagai lembaga pendidikan di Indonesia dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS), didukung oleh tenaga PLP. PLP berperan sebagai motor penggerak laboratorium untuk penelitian, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat dalam proses belajar mengajar. Mengingat PLP berperan penting dalam pencapaian tujuan organisasi, maka perlu mendapat perhatian khusus dan perlu dilakukan pengembanganpengembangan agar kinerja dan kualitas PLP semakin meningkat dan profesional. Data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara kepada beberapa kepala laboratorium dan Ketua departemen serta penyebaran kuesioner butiran kerja kepada seluruh PLP IPB yang berjumlah 161 orang. Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, dan analisis rataan geometrik serta analisis uji t untuk mengetahui kesenjangan yang sangat nyata antara jumlah PLP acuan dengan jumlah laboratorium yang ada di IPB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data, pemetaan kondisi aktual laboratorium dan pemetaan kondisi aktual beban kerja dapat dirumuskan bebarapa strategi yaitu; penyediaan peralatan dan bahan dengan kategorinya sesuai type laboratorium akan meningkatkan kinerja, memperbaiki gaya kepemimpinan akan meningkatkan kompetensi PLP akan berdampak pada peningkatan pengembangan laboratorium yang diharapkan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167529
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E16KEKP.pdf
  Restricted Access
3.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.