Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167524
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorM. Baga, Lukman
dc.contributor.advisorKirbrandoko
dc.contributor.authorHaryanto, Dwi
dc.date.accessioned2025-08-07T09:51:38Z
dc.date.available2025-08-07T09:51:38Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167524
dc.description.abstractPenerbitan adalah industri yang berkonsentrasi memproduksi dan memperbanyak sebuah literatur dan informasi atau sebuah aktivitas membuat informasi yang dapat dinikmati publik.Saat ini dunia penerbitan sedang mengalami perubahan yang diakibatkan perubahan teknologi.Secara bertahap namun pasti, industri penerbitan mengalami adaptasi menuju ekosistem baru dalam ranah industri buku karena terjadi pergeseran kebiasaan dalam membaca buku. Kehadiran e-book yang di-bundling dengan perangkat seperti handphone dan PC tablet sudah menjadi alternatif pada saat membaca buku. Perubahan tersebut pada akhirnya berpengaruh industri perbukuan yang mengalami stagnasi bahkan penurunan yang berimbas pada menurunnyarevenue penjualan termasuk diantaranya yang terjadi di penerbit Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara (PPSN). Kondisi ini membuat penerbit PPSN berupaya keras untuk mengurangi ketergantungan revenue hanya dari penjualan buku versi cetak. Pengembangan bisnis merupakan suatu langkah terobosan yang harus dilakukan oleh penerbit Puspa Swara untuk mengantisipasi adanya perubahan faktor eksternal dan internal perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi bisnis Penerbit PPSN, merumuskan key succesfactordi industri penerbitan, mengidentikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki penerbit PPSN, dan alternatif strategi yang dapat diterapkan untuk pengembangan bisnis penerbitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan studi kasus yang menggunakan analisis keys succes factor, five forces of Porter, value chain, dan SWOT. Data yang digunakan merupakandata primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, diskusi, dan dokumentasi. Responden FGD berjumlah 11 orang terdiri dari para praktisi di dunia penerbitan dan tim manajemen penerbit PPSN. Strategi yang dapat diterapkan adalah meningkatkan kapasitas bersaing pada bisnis utama melalui pengembangan produk cetak dan e-content, mengembangkan e-commerce, membangun sistem online, mengembangkan keunggulan dan keunikan produk, selektif menentukan tema, memperkuat jaringan konten digital, mengembangkan insentif penjualan, mengembangkan paket reseller dan agen, merancang produk yang spesifik, serta promosi bersama toko dan penulis.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Strategiid
dc.titleAnalisis Strategi Bersaing Pt Pusaka Pembangunan Swadaya Nusantara Di Industri Penerbitanid
dc.subject.keywordFive Force Of Porterid
dc.subject.keywordKeys Succes Factorid
dc.subject.keywordPenerbitid
dc.subject.keywordSwotid
dc.subject.keywordValue Chainid
dc.subject.keywordRantai Nilaiid
dc.subject.keywordCustomer Relatioship Management (Crm)id
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E47DWH.pdf
  Restricted Access
1.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.