Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167521
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSyarief, Rizal
dc.contributor.advisorSuprayitno, Gendut
dc.contributor.authorSari, Winda Puspita
dc.date.accessioned2025-08-07T09:51:31Z
dc.date.available2025-08-07T09:51:31Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167521
dc.description.abstractSaat ini, pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian di Indonesia. Namun sektor ini memiliki banyak risiko yang dihadapi sehingga sering memberikan kerugian kepada petani. Akibatnya, pemerintah mengeluarkan peraturan (nomor 19 tahun 2013), berisi tentang perlindungan petani dan pemberdayaan, dengan salah satu cara untuk melindungi petani adalah dengan asuransi pertanian. Namun pada kenyataannya asuransi pertanian untuk tanaman masih memiliki banyak kendala terkait dengan operasionalnya. Untuk itu muncul gagasan mengenai asuransi indeks iklim untuk pertanian sebagai alternatif mengurangi kerugian petani di Indonesia. Asuransi indeks iklim ini memotivasi petani untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa portofolio produk asuransi di Indonesia, kemudian menganalisa hubungan antara faktor iklim khususnya curah hujan dengan sektor agribisnis. Tujuan lain dari penelitian ini adalah menganalisa faktor strategis eksternal dan faktor strategis internal yang mempengaruhi dalam pelaksanaan pilot project asuransi indeks iklim, serta menganalisis posisi perusahaan dalam pelaksanaan pilot project asuransi indeks iklim. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk merancang beberapa alternatif strategi dan implementasi strategi dalam pelaksanaan pilot project asuransi indeks iklim. Metode penelitian yang digunakan dengan deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus dengan metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Internal Factor Evaluation (IFE) dan analisis External Factor Evaluation (EFE) untuk mengevaluasi faktor-faktor strategis, sedangkan analisis Internal External (IE) untuk mengetahui posisi perusahaan. Beberapa alternatif strategi diperoleh menggunakan analisis TOWS serta perancangan model strategi dilakukan dengan pendekatan model bisnis kanvas. Berdasarkan analisis strategi yang diperoleh akan disusun implementasi strategi. Secara keseluruhan hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa PT Asuransi Central Asia sebaiknya mempertahankan dan memelihara produk asuransi indeks iklim yang saat ini masih dalam tahap pilot project, strategi yang dapat dilakukan perusahaan agar produk asuransi indeks iklim dapat berhasil dalam pilot project dan menambah diversifikasi produk perusahaan di masa yang akan datang adalah strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk. Perusahaan agar dapat mengimplementasikan strategi dengan baik pada penelitian ini telah dibuat rancangan implementasi strategi agar dapat menjadi panduan bagi perusahaan dalam melaksanakan strategi, selain sebagai panduan bagi perusahaan rancangan implementasi strategi juga dapat digunakan pada tahap evaluasi strategi
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Strategiid
dc.titlePerancangan Strategi Model Bisnis Asuransi Indeks Iklim Sektor Agribisnisid
dc.subject.keywordAsuransi Indeks Iklimid
dc.subject.keywordAsuransi Pertanianid
dc.subject.keywordImplementasi Strategiid
dc.subject.keywordPilot Projectid
dc.subject.keywordStrategiid
dc.subject.keywordAnalisis Internal Factor Evaluation (Ife)id
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R50WSP.pdf
  Restricted Access
2.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.