Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167501
Title: Analisis Kinerja Akademik Pasca Sertifikasi Aun-Qa Pada Program Studi Di Institut Pertanian Bogor
Authors: Fauzi, Anas Miftah
Junaedi, Ahmad
Adelyna
Issue Date: 2016
Publisher: IPB University
Abstract: Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan peningkatan mutu berkelanjutan dengan menerapkan sistem penjaminan mutu internal (SPMI), sistem penjaminan mutu eksternal (SPME) melalui akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) maupun akreditasi internasional seperti Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA), serta penerapan sistem manajemen kinerja berbasis balanced scorecard (BSC). AUN-QA menerjemahkan QA sebagai pemantauan kualitas secara sistematis, terstruktur, dan berkesinambungan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas. QA menjadi poin penting dalam pendidikan tinggi terutama di ASEAN untuk meningkatkan posisi tawar perguruan tinggi dalam menjawab tantangan zaman. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemajuan kinerja akademik program studi pasca sertifikasi AUN-QA di IPB. Penelitian merupakan studi kasus pada enam program studi yang telah disertifikasi AUN-QA sampai bulan Desember 2014 dengan tujuan untuk menentukan relevansi indikator BSC IPB dan kriteria AUN-QA, menganalisis nilai kriteria AUN-QA pasca sertifikasi AUN-QA, menganalisis kinerja akademik berdasarkan IKK BSC pasca sertifikasi AUN-QA, dan menganalisis permasalahan dalam peningkatan kinerja akademik sebagai dasar perumusan strategi peningkatan mutu akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi AUN-QA memiliki 15 kriteria yang seluruhnya relevan dan mendukung pencapaian BSC IPB. Indikator kinerja kunci (IKK) BSC IPB yang didukung oleh kriteria AUN-QA adalah sebanyak 21 dari 33 indikator BSC IPB, dan 14 diantaranya diturunkan ke indikator BSC departemen. Nilai kriteria AUN-QA pada program studi mengalami peningkatan dengan nilai kriteria tertinggi pada kriteria student quality dan kriteria terendah pada kriteria support staff quality. Kriteria yang masih lemah dan memerlukan upaya perbaikan adalah: support staff quality, student assessment, stakeholder feedback, dan programme specification. Implementasi sertifikasi AUN-QA dalam kurun waktu 2 tahun pada program studi di lingkungan IPB menunjukkan adanya peningkatan pada: (1) indeks rasio pelamar S1 dan (2) rasio artikel per peneliti atau tenaga pendidik. Rekomendasi untuk peningkatan kinerja akademik program studi adalah pemberian fasilitasi dan insentif dalam pelaksanaan rencana perbaikan mutu pada pengembangan penilaian mahasiswa, tracer study, dan media promosi; implementasi sistem perencanaan dan pengembangan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan, dan peningkatan efektivitas koordinasi pelaksanaan pelatihan bagi tenaga kependidikan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167501
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E16KADE.pdf
  Restricted Access
1.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.