Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167461
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuharjo, Budi
dc.contributor.advisorSahara
dc.contributor.authorNugraha, Andreas Setya
dc.date.accessioned2025-08-07T09:49:41Z
dc.date.available2025-08-07T09:49:41Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167461
dc.description.abstractDengan kondisi dan pertumbuhan yang cepat untuk toko ritel, maka dalam usaha merebut pasar yang sangat dinamis, banyak perusahaan yang berlombalomba mendistribusikan, melakukan display atau pemajangan produk, memberikan berbagai macam promosi seperti potongan harga, bonus, sewa pajangan, pemberian gift, dan lain sebagainya agar produk yang dijual di toko ritel diterima oleh konsumen akhir. Dengan terbatas nya ruang untuk penjualan, tentunya jika produk yang dibeli oleh toko ritel perputaran dan keuntungan yang diterima lebih cepat yang dipengaruhi oleh promosi yang efektif yang diberikan oleh perusahaan, hal ini akan membuat toko ritel semakin percaya dan akan terus menerima produk yang ditawarkan oleh para produsen, bahkan toko ritel tentunya akan menambah besaran pesanannya. Pengaruh dari toko ritel ini sangat besar, karena produk yang tersedia di toko akan diterima konsumen, salah satunya melalui penawaran atau referensi yang diberikan toko tersebut. Oleh karena itu, PT. Frisian Flag haruslah memahami, mempelajari kebutuhan dan keinginan toko ritel serta memuaskannya agar perusahaan menjadi pemenang di pasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dipentingkan toko ritel dalam mengambil keputusan untuk membeli produk susu cair dan menganalisa faktor-faktor yang menentukan efektivitas promosi produk susu cair terhadap toko ritel. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan metode survei dan wawancara yang mendalam dengan menggunakan kuesioner. Prosedur pengambilan sampel dengan teknik stratifikasi, populasi dibagi ke dalam kelompok strata dan kemudian mengambil sampel dari tiap kelompok tergantung kriteria yang ditetapkan. Sampel dalam penelitian ini adalah toko ritel yang sudah menjadi customer base perusahaan sebanyak 120 responden, yang diukur berdasarkan omset atau besarnya rata-rata pembelian dalam enam bulan, dan sebagai peserta program loyalty. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korespondensi, analisis thurstone, dan chi-square test. Analisis korespondensi pada penelitian ini digunakan untuk mengetahui adanya kedekatan merek dengan promosi yang diberikan. Analisis thurstone dipergunakan dalam menilai tingkat kepentingan dari jenis promosi. Atribut tersebut diukur berdasarkan urutan prioritas dan tingkat kepentingan yang diinginkan dari setiap responden. Uji ChiSquare merupakan uji korelasi yang bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel. Berdasarkan analisis kepentingan promosi yang diprioritaskan, diketahui bahwa lima promosi yang dipilih oleh toko ritel diantaranya potongan harga, loyalty program, sewa display, pemasangan billboard, black bonus (tambahan diskon) dan untuk promosi nomor satu atau yang sangat diprioritaskan oleh toko ritel adalah potongan harga. Potongan harga merupakan pengurangan harga produk dari harga normal dalam periode tertentu. Loyalty program merupakan ikatan program dalam periode tertentu yang diberikan kepada para toko ritel...dst.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleAnalisis Efektivitas Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Toko Ritel Produk Susu Cair Pt.Frisian Flag Indonesiaid
dc.subject.keywordAnalisis Chi-Square Testid
dc.subject.keywordAnalisis Korespondensiid
dc.subject.keywordAnalisis Thurstoneid
dc.subject.keywordPromosi Ritelid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E48ASN.pdf
  Restricted Access
1.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.