Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167444
Title: Strategi Peningkatan Keunggulan Kompetitif Kedai Kopi Lokal Di Bogor
Authors: Fahmi, Idqan
Machfud
Arlan, Yuti
Issue Date: 2016
Publisher: IPB University
Abstract: Kopi asal Indonesia sudah sangat terkenal dan banyak diperdagangkan di pasar internasional. Namun, tingginya potensi kopi asal Indonesia masih kurang terapresiasi di negeri sendiri. Tingkat konsumsi kopi per kapita di Indonesia pada tahun 2015/2016 sebesar 0.98 kg masih sangat jauh dibandingkan dengan negaranegara pengekspor lainnya, seperti Brazil 5.9 kg, Vietnam 1.34 kg, dan Kolombia 1.85 kg (ICO 2016). Namun, jika dilihat tren pertumbuhannya, terjadi peningkatan konsumsi domestik kopi di Indonesia tiap tahunnya meskipun tidak secara signifikan. Tingkat konsumsi kopi yang semakin bertumbuh ini didukung oleh semakin banyaknya masyarakat kelas menengah dan meningkatnya promosi. Kedai kopi juga semakin banyak bermunculan di daerah-daerah urban. Kedaikedai kopi ini mencakup kedai kopi lokal dan gerai asing (USDA 2015). Disinilah peran penting kedai kopi lokal sebagai fasilitator untuk lebih memperkenalkan kopi, termasuk kopi asal Indonesia, pada masyarakat Indonesia sendiri agar tingkat konsumsi domestik kopi meningkat. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti (2016), masyarakat Bogor lebih sering mengunjungi kedai kopi asing (50.99%) dibandingkan dengan kedai kopi lokal (40.40%). Posisi kedai kopi lokal di Bogor yang masih kalah dibandingkan dengan kedai kopi asing membuat kedai-kedai kopi lokal perlu untuk memikirkan bagaimana strategi yang tepat dalam meningkatkan keunggulan kompetitif sehingga dapat bertahan dan berkembang dalam industri ini. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi keunggulan kompetitif kedai kopi lokal di Bogor, 2) merumuskan strategi untuk meningkatkan keunggulan kompetitif kedai kopi lokal di Bogor, dan 3) memilih prioritas strategi untuk meningkatkan keunggulan kompetitif kedai kopi lokal di Bogor. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi literatur. Pengambilan pakar dilakukan secara non probability sampling dengan teknik purposive. Responden pakar terdiri dari pemilik kedai kopi lokal di Bogor. Pengambilan responden dilakukan secara non probability sampling dengan teknik convenience. Responden yang digunakan terdiri dari pengunjung kedai kopi lokal dan kedai kopi asing di Bogor. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal utama yang mempengaruhi keunggulan kompetitif kedai kopi lokal di Bogor, yaitu berupa kekuatan utama kemampuan memberikan layanan tambahan dengan skor (0.798) serta yang menjadi kelemahan utama adalah proses rekrutmen yang sederhana dengan skor (0.071). Selain itu, faktor eksternal utama yang mempengaruhi keunggulan kompetitif kedai kopi lokal di Bogor, yaitu berupa peluang utama bagi kedai kopi lokal adalah tren minum kopi di kedai kopi meningkat dengan skor (1.316), serta yang menjadi ancaman utama bagi kedai kopi lokal adalah antusiasme masyarakat terhadap kedai kopi lokal masih lebih rendah dengan skor (0.563). Analisis dengan menggunakan Matriks IE menunjukkan kedai kopi lokal termasuk dalam sel I, yaitu tumbuh dan kembangkan. Masuknya kedai kopi lokal6 dalam sel I ini menghasilkan lima alternatif strategi untuk meningkatkan keunggulan kompetitif, yaitu membangun image yang unik, meningkatkan kompetensi SDM dalam bidang manajemen mutu, melaksanakan promosi yang bersifat edukatif, melakukan sistem kontrak dengan pemasok, dan meningkatkan kompetensi SDM dalam bidang R&D. Analisis dengan menggunakan Analytic Network Process (ANP) menunjukkan bahwa strategi utama untuk meningkatkan keunggulan kompetitif kedai kopi lokal adalah strategi melaksanakan promosi yang bersifat edukatif.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167444
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E4516YUA.pdf
  Restricted Access
3.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.