Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167436
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, Hermanto
dc.contributor.advisorMaulana, Tb Nur Ahmad
dc.contributor.authorAhmad, Basyir
dc.date.accessioned2025-08-07T09:48:58Z
dc.date.available2025-08-07T09:48:58Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167436
dc.description.abstractRupiah merupakan salah satu mata uang yang mempunyai volitilitas atau pergerakan harga yang dinamis dimana berpotensi dapat menyebabkan kerugian finansial bagi perusahaan yang mempunyai kewajiban dalam valuta asing sedangkan pendapatannya dalam mata uang Rupiah. Perusahaan telekomunikasi merupakan salah satu perusahaan yang terekspos risiko mata uang tersebut mengingat merupakan perusahaan padat modal yang membutuhkan banyak impor sedangkan pendapatannya dalam Rupiah. Alternatif untuk memitigasi risiko mata uang tersebut adalah menggunakan hedging. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa hedging dapat berpengaruh positif, tidak berpengaruh atau berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Penelitian hedging di Indonesia masih belum banyak khususnya terkait nilai perusahaan, sehingga penelitian ini diharapkan mendorong penelitian lain sejenis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan hedging pada perusahaan telekomunikasi publik serta mengetahui dampak hedging terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini, hedging merupakan variabel moderating terhadap berbagai variabel yang mempengaruhi nilai perusahaan yaitu variabel profitabilitas, firm size, leverage, growth, dividend dan likuiditas. Tehnik analisis yang dipakai yaitu ordinary least square. Sedangkan perusahaan yang diteliti sebanyak 2 perusahaan publik dengan data keuangan triwulan sejak tahun 2006 sampai dengan 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hedging dilakukan perusahaan telekomunikasi adalah melalui transaksi derivatif yaitu cross currency swap, forward dan option. Secara umum hedging tidak mempengaruhi nilai perusahaan mengingat 5 variabel yang telah dimoderasi tidak berpengaruh signifikan dan hanya 1 variabel yang telah dimoderasi yaitu yaitu profitabilitas berpengaruh signifikan negatif terhadap nilai perusahaan.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Keuanganid
dc.titleAnalisis Dampak Hedging Terhadap Nilai Perusahaan Telekomunikasi Publik Di Indonesiaid
dc.subject.keywordLindung Nilaiid
dc.subject.keywordMata Uang Asingid
dc.subject.keywordNilai Perusahaanid
dc.subject.keywordPerusahaan Telekomunikasiid
dc.subject.keywordTransaksi Derivatifid
dc.subject.keywordFirm Valueid
dc.subject.keywordUji Autokorelasiid
dc.subject.keywordUji Heterokedastisitasid
dc.subject.keywordHedgingid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E4616BAA.pdf
  Restricted Access
4.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.