Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167422
Title: Pengembangan Model Bisnis Tanaman Hias Potong Pada Pt,Pesona Daun Mas Asri
Authors: Daryanto, Arief
Hasbullah, Rokhani
Pujangkara, Yudha
Issue Date: 2016
Publisher: IPB University
Abstract: PT. Pesona Daun Mas Asri (PT. PDMA) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang tanaman hias potong, sebagai sebuah perusahaan, PT. PDMA sangat rentan terhadap ancaman eksternal yang menghambat pertumbuhan bisnisnya. Ancaman tersebut dapat berupa tren tanaman hias yang cepat berubah maupun produk tanaman hias yang sangat sensitif terhadap lingkungan alam. Ancaman yang berasal dari lingkungan eksternal perusahaan dapat mempengaruhi kondisi internal perusahaan. Kondisi internal perusahaan merupakan model bisnis perusahaan tersebut, sehingga lingkungan eksternal dapat mempengaruhi model bisnis perusahaan, Perbaikan model bisnis secara terus menerus merupakan hal yang harus dilakukan PT. PDMA untuk terus mengembangkan bisnisnya dalam menghadapi dinamika lingkungan eksternal perusahaan yang terus mengalami perkembangan dan perubahan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pemetaan terhadap model bisnis pada PT. PDMA menggunakan pendekatan Businesss Model Canvas (BMC), mengevaluasi model bisnis PT. PDMA, mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi PT. PDMA, dan melakukan pengembangan model bisnis perbaikan. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi literatur. Teknik pengambilan contoh dilakukan dengan non-probability sampling dengan teknik purposive. Hasil penelitian ini adalah pemetaan model bisnis PT. PDMA berdasarkan sembilan elemen businesss model canvas yang menunjukkan bahwa (1) segmen pelanggan PT. PDMA adalah dari kelompok traders, professional, perusahaan, dan masyarakat, (2) proposisi nilai produk yang ditawarkan PT. PDMA adalah harga murah, ragam jenis lengkap, dan selalu mengikuti tren, (3) saluran pelanggan adalah berkomunikasi langsung, melalui perantara distributor, dan melalui organisasi-organisasi keprofesian, (4) hubungan pelanggan meliputi pemberian diskon dan fasilitas pembayaran kredit untuk traders dengan pembelian jumlah tertentu, sponsorship untuk kegiatan-kegiatan organiasi, dan konsultasi gratis melalui personal assistance, (5) arus pendapatan PT. PDMA berasal dari penjualan tanaman hias hasil produksi sendiri dan penjualan tanaman hias yang merupakan pasokan kelompok tani, (6) aktivitas kunci pada PT. PDMA adalah aktivitas pengadaan benih dan perbanyakan tanaman, pembesaran tanaman hias, aktivitas pemasaran produk, distribusi, dan pelayanan pelanggan, (7) sumber daya utama yang dimiliki oleh perusahaan adalah sumber daya manusia, modal kerja sebagai sumber daya finansial, dan lahan produksi, (8) PT. PDMA juga menjalin hubungan kemitraan dengan kelompok tani sebagai pemasok tanaman hias apabila PT. PDMA mengalami kekurangan produk, dan pemasok benih untuk diperbanyak, (9) struktur biaya PT. PDMA terdiri dari biaya pembelian benih dan tanaman hias, biaya produksi, biaya pemasaran, biaya distribusi, biaya pelayanan pelanggan, gaji karyawan, biaya pemeliharaan infrastruktur, dan biaya pengadaan barang atau jasa.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167422
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E4516YUP.pdf
  Restricted Access
2.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.