Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167417
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNurmalina, Rita
dc.contributor.advisorAffandi, M Joko
dc.contributor.authorPerwita, Atika Dyah
dc.date.accessioned2025-08-07T09:48:27Z
dc.date.available2025-08-07T09:48:27Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167417
dc.description.abstractBNI Syariah sebagai Bank Umum Syariah berkomitmen untuk memenuhi dan menyempurnakan rencana pengembangan SDM dari waktu ke waktu untuk menunjang kinerja dan layanan yang terbaik kepada para stakeholder serta mewujudkan world class human capital. Hal ini tentunya menuntut adanya kinerja yang tinggi dari para pegawai untuk dapat melaksanakan tugas-tugas dengan baik. Usaha organisasi untuk meningkatkan produktivitasnya baik dalam aspek finansial maupun non finansial mengalami berbagai hambatan, salah satunya adalah penurunan kinerja karyawan yang disebabkan oleh penurunan tingkat motivasi karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengkaji kondisi motivasi kerja dan kinerja pegawai secara umum. (2) Mengkaji pengaruh motivator dan hygiene factor terhadap kinerja pegawai. (3) Mengkaji faktor-faktor motivasi yang paling berpengaruh terhadap kinerja pegawai. (4) Merumuskan langkah-langkah manajerial operasional yang perlu dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja agar kinerja pegawai dapat lebih baik. Responden pada penelitian ini adalah seluruh pegawai di PT Bank BNI Syariah Jakarta Barat yang berjumlah 41 orang dan seluruh pegawai di PT Bank BNI Syariah Bogor yang berjumlah 53 orang. Seluruh pegawai menjadi responden penelitian karena total jumlah pegawai di kedua cabang tersebut kurang dari 100 orang, yaitu hanya 94 orang. Metode pengambilan sampel cabang pada penelitian ini menggunakan metode judgement (purposive) sampling berdasarkan pertimbangan peneliti tentang beberapa karakteristik yang sesuai untuk menjawab tujuan penelitian. Analisis statistik deskriptif dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi responden terhadap pernyataan-pernyataan di dalam kuesioner melalui analisis rataan skor. Selanjutnya setelah dilakukan analisis statistik deskriptif dilakukan analisis data dengan menggunakan program Partial Least Square (PLS) untuk memperoleh hasil seberapa besar pengaruh motivator dan hygiene factor terhadap kinerja pegawai. Analisis data menggunakan PLS karena tidak menuntut sampel dalam jumlah besar dan direkomendasikan antara 30-100 sampel seperti yang dipaparkan dalam Ghozali (2015). Evaluasi model dalam SEM-PLS menggunakan program SmartPLS 2.0 sangat berguna untuk memprediksi hubungan antara variabel dependen dari beberapa variabel independen. PLS dapat menemukan indikator dari variabel independen yang juga relevan untuk variabel dependen (Feng et al., 2008). Model PLS terdiri dari bagian struktural, yang mencerminkan hubungan antara variabel laten, dan komponen pengukuran, yang menunjukkan bagaimana variabel laten dan indikator mereka terkait (Haenlein dan Kaplan, 2004). Analisis deskriptif dengan nilai rataan skor menunjukkan bahwa secara umum kondisi motivator, hygiene factor dan kinerja pegawai belum maksimal. Oleh karena itu, pegawai di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jakarta Barat dan Bogor perlu didorong untuk terus meningkatkan motivasi kerjanya agar mencapai kinerja yang maksimal. Hasil analisis pengaruh motivator dan hygiene factor terhadap kinerja pegawai menunjukkan bahwa hygiene factor lebih dominan berpengaruh terhadap pembentukan kinerja pegawai dibandingkan dengan motivator. Indikator yang paling dominan dalam merefleksikan hygiene factor terhadap kinerja pegawai PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jakarta Barat dan Bogor adalah kondisi kerja dan hubungan interpersonal. Indikator yang paling dominan dalam merefleksikan motivator terhadap kinerja pegawai PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jakarta Barat dan Bogor adalah pekerjaan itu sendiri.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Sumber Daya Manusiaid
dc.titlePengaruh Motivator dan Hygiene Factor Terhadap Kinerja Pegawai Di Pt Bank Bni Syariah Kantor Cabang Jakarta Barat dan Bogorid
dc.subject.keywordHygiene Factorid
dc.subject.keywordKinerja Pegawaiid
dc.subject.keywordMotivatorid
dc.subject.keywordMotivasi Kerjaid
dc.subject.keywordPartial Least Square (Pls)id
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E4516ADP.pdf
  Restricted Access
1.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.