Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167353
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSinaga, Bonar M
dc.contributor.advisorMaulana, Agus
dc.contributor.authorNirmawati, Yulia Jaya
dc.date.accessioned2025-08-07T09:46:12Z
dc.date.available2025-08-07T09:46:12Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167353
dc.description.abstractPelayanan pertanahan merupakan salah satu pelayanan publik yang memiliki posisi strategis dalam masyarakat karena sifatnya yang bersentuhan langsung dengan berbagai kepentingan masyarakat. Terkait dengan hal tersebut, maka kepuasan masyarakat terhadap pelayanan ini sangat penting untuk dikaji karena kepuasan masyarakat dapat memberikan gambaran sejauhmana kualitas kinerja suatu pelayanan diselenggarakan. Penulisan tesis ini bertujuan untuk (1) menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pendaftaran tanah untuk pertama kali melalui program rutin yang diselenggarakan oleh Kantor Pertanahan Kota Jakarta Barat, (2) menganalisis indikator-indikator pelayanan pendaftaran tanah untuk pertama kali melalui program rutin yang menjadi prioritas perbaikan dalam meningkatkan kepuasan masyarakat, dan (3) merumuskan implikasi manajerial sebagai rekomendasi bagi Kantor Pertanahan Kota Jakarta Barat untuk meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pendaftaran tanah pertama kali melalui program rutin. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner dari 100 sampel masyarakat pengguna layanan. Pengolahan Data menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Importance Performance Analysis (IPA). Dari 14 indikator IKM menunjukan pelayanan pertanahan adalah baik dan dari hasil Analisis IPA menunjukan 4 indikator yang perlu menjadi prioritas perbaikan. Disarankan perlu perbaikan terhadap 4 indikator pelayanan yaitu persyaratan pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kecepatan pelayanan dan kewajaran biaya pelayanan untuk peningkatan kinerja pelayanan pendaftaran tanah untuk pertama kali di Kantor Pertanahan Kota Jakarta Barat.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleAnalisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pendaftaran Tanah Untuk Pertama Kali Melalui Program Rutin Di Kantor Pertanahan Kota Jakarta Baratid
dc.subject.keywordKepuasan Masyarakatid
dc.subject.keywordKualitas Pelayananid
dc.subject.keywordIndeks Kepuasan Masyarakatid
dc.subject.keywordImportance Performance Analysis (Ipa)id
dc.subject.keywordKantor Pertanahan Kota Jakarta Baratid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E9KYJN.pdf
  Restricted Access
2.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.