Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167295
Title: Strategi Pengembangan Bisnis Lapis Bogor Sangkuriang
Authors: Marimin
Harianto
Romadhona, Rizka Wahyu
Issue Date: 2014
Publisher: IPB University
Abstract: Pertumbuhan ekonomi di Indonesia membuka peluang bagi pelaku usaha untukmenciptakan produk olahan yang dapat bersaing dan dapat diterima oleh masyarakat. Saatini Lapis Bogor Sangkuriang (LBS) sebagai salah satu UMKM yang memproduksi produk oleh-oleh khas Bogor mengalami pertumbuhan usaha yang sangat tinggi. Banyaknya permintaan terhadap produk LBS yang tidak dapat dipenuhi menyebabkan banyak keluhan yang timbul dari konsumen terkait ketersediaan produk dan pelayanan LBS. Selain itu, banyak perusahaan kompetitor yang membuat produk sejenis dengan LBS. Hal ini membuat LBS harus menentukan strategi pengembangan bisnis untuk memenuhi keinginan konsumen sehingga LBS dapat bersaing dengan para kompetitor dan mengembangkan bisnisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi atribut kunci yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap LBS, mengetahui persepsi pelanggan terhadap LBS dibandingkan dengan pesaing sejenisnya, serta menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan untuk mengembangkanbisnis Lapis Bogor Sangkuriang. Dalam penelitian ini digunakan metode Quality Function Development (QFD) yang dikombinasikan dengan Analytic Network Process (ANP). Penelitian ini menghasilkan atribut kunci yang mempengaruhi kepuasan konsumen antara lain tampilan fisik berupa toko, tempat parkir, dan fasilitas pendukung kondisi baik, pegawai berpenampilan rapi, sopan dan ramah, pelayanan permintaan produk cepat, proses transaksi, pemberian nomor antrian dan tempat tunggu, harga produk, kuantitas (ukuran) produk, keterangan komposisi dan kandungan gizi produk, keterangan masa kadaluarsa (validity expired), keterangan label halal dari LPPOM MUI, keterangan izin dinas kesehatan (kode produksi), finishing, pendistribusian, quality control. Adapun persepsi konsumen terhadap kinerja pelayanan LBS masih lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan pesaing lainnya, sedangkan untuk kualitas produk LBS, konsumen menilai produk LBS lebih baik dibandingkan dengan produk pesaing lainnya. Prioritas strategi yang dapat diterapkan untuk mengembangkan bisnis Lapis Bogor Sangkuriang adalah memperbaiki proses produksi yakni menambah kapasitas produksi, menjaga kualitas produk, dan penjadwalan distribusi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167295
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R4614RIZ.pdf
  Restricted Access
8.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.