Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167274
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSyarief, Rizal
dc.contributor.advisorYuliati, Lilik Noor
dc.contributor.authorIsnanto, Bowo Nur
dc.date.accessioned2025-08-07T09:43:36Z
dc.date.available2025-08-07T09:43:36Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167274
dc.description.abstractSecara umum, bisnis properti nasional masih meningkat dan didominasi oleh sektor perumahan. Derasnya arus pembangunan membuat kebutuhan material bangunan semakin meningkat. CV Marga Jaya merupakan salah satu perusahaan milik perseorangan yang bergerak dalam bidang penyediaan bahan bangunan. Perusahaan ini menyediakan bahan bangunan yang khusus dibuat dari beton yaitu paving block, batako, bis beton dan genting beton. Persaingan usaha dibidang industri bahan bangunan sangat ketat. Harga memiliki peran penting dalam menarik konsumen untuk memutuskan dalam pembelian suatu produk. Oleh karena itu strategi pemasaran yang sering digunakan untuk menarik minat konsumen adalah dengan melakukan promosi berupa potongan harga. Peningkatan volume penjualan akan berdampak pada peningkatan keuntungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menganalisis pengaruh potongan harga, jenis konsumen dan harga terhadap volume penjualan bahan bangunan CV Marga Jaya, (2) menganalisis perbedaan rata-rata volume penjualan pada saat sebelum terjadi kenaikan harga, setelah kenaikan harga sebelum diskon dan sesudah terjadi kenaikan harga setelah adanya diskon produk bahan bangunan di CV Marga Jaya, (3) merumuskan strategi untuk dikembangkan dalam upaya peningkatan volume penjualan, dan (4) menetapkan implikasi manajerial yang dapat diaplikasikan dalam upaya peningkatan volume penjualan di CV Marga Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh terhadap volume penjualan. Volume penjualan rata-rata untuk semua bahan bangunan menunjukkan adanya perbedaan rata-rata (conblock, genteng beton, bis beton dan batako). Berdasarkan analisis menunjukkan bahwa conblock memiliki perbedaan rata-rata yang paling besar dibandingkan bahan bangunan yang lain. Perbedaan rata-rata volume penjualan terdapat pada saat sebelum ada kenaikan harga dan sesudah kenaikan harga serta sesudah adanya diskon. Rekomendasi strategi untuk meningkatkan volume penjualan bahan bangunan CV Marga Jaya adalah dengan menambah tenaga pemasaran, meningkatkan kegiatan promosi dengan potongan harga (diskon), meningkatkan kegiatan promosi, menjaga kualitas produk, meningkatkan kegiatan edukasi pasar dan meningkatkan kualitas pelayanan.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleAnalisis Pengaruh Diskon dan Harga Terhadap Volume Penjualan Bahan Bangunan (Kasus Cv Marga Jaya)id
dc.subject.keywordDiskonid
dc.subject.keywordHargaid
dc.subject.keywordJenis Konsumenid
dc.subject.keywordVolume Penjualanid
dc.subject.keywordSwotid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R4815BUI.pdf
  Restricted Access
1.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.