Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167128
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMachfud
dc.contributor.advisorDjohar, Setiadi
dc.contributor.authorSiahaan, Otto
dc.date.accessioned2025-08-07T09:38:55Z
dc.date.available2025-08-07T09:38:55Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167128
dc.description.abstractDistribusi adalah bagian dari 4 bauran pemasaran yang sangat berperan utnuk meyakinkan ketersediaan barang di pasar. Aktivitas distribusi produk jadi dimulai dari manufaktur sebagai supplier menuju distributor jika mengunakan pihak lain untuk medistribusikan. Biaya yang timbul dari aktivitas ini adalah salah satunya biaya transportasi. Biaya transportasi adalah bersifat variable dan bisa naik dan turun tergantung kepada kapasitas alat transportasi, jenis produk dan jarak tempuh yang ditentukan oleh biaya angkut dari transporter. Biaya transportasi akan diukur menjadi beban per karton produk. Dengan demikian perlu dicari model pengiriman yang optimum untuk mencapai ketersediaan barang didistributor dengan biaya yang paling minimum. Penelitian akan menganalisa biaya pengiriman produk PT. Kreasi Mas Indah (KMI) ke 4 wilayah pemasaran di Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Cilegon. Alat yang digunakan adalah Linear programming dengan software LINDO. Dan menganalisa secara deskriptif mengapa penjualan produk KMI masih rendah dengan mengunakan analisa sebab akibat. Masing-masing wilayah memiliki model yang berbeda sebagai berikut : Untuk wilayah distribusi Jakarta pengiriman produk rootbeer can 330 ml mengunakan transporter KMI dengan jenis truk colt diesel ¾, pengiriman rootbeer bottle 250 ml dengan transporter Sumber Mulia dengan jenis truk Fuso, dan pengiriman produk zoda bottle 250 ml dengan transporter MMS dengan jenis truk Fuso. Wilayah distribusi Bekasi untuk pengiriman Root beer can 330 ml menggunakan transporter Sumber Mulia dengan truck diesel, dan transporter KMI dengan jenis truk colt ¾. Untuk root beer dan zoda owb 250ml menggunakan transporter sumber mulia dengan truk fuso. Untuk wilayah distribusi Tangerang untuk Root beer can 330 ml, rootbeer bottle 250 ml dan zoda bottle 250 ml dengan menggunakan transporter MMS dengan jenis truck colt diesel. Untuk wilayah distribusi Cilegon diprioritaskan untuk Root beer can 330 ml, rootbeer bottle 250 ml dan zoda bottle 250 ml dengan menggunakan transporter MMS dengan truk Fuso. Dengan mengunakan metode LP menghasilkan penurunan biaya pengiriman Jakarta 21%, Bekasi 5%, Tangerang 11% dan Cilegon 18%. Total penghematan sebesar 2.4% atau sekitar 22 juta rupiah tahun 2012 apabila mengunakan model pengiriman di atas. Pola pengiriman produk KMI dari satu jenis produk akan memberikan biaya pengiriman yang lebih besar dibandingkan dengan pengiriman produk dengan cara dicampur dengan dengan produk yang lain dari tiga produk utama KMI yaitu rootbeer kaleng, rootbeer botol dan zoda botol. Rata-rata permintaan ketiga produk yang selalu ada setiap periode atau bulan bersangkutan diperlukan komunikasi antara distributor dengan tim sales untuk mengatur pembukaan order atau permintaan dari distributor. Permintaan tersebut diarahkan terdiri dari kebutuhan ketiga produk tersebut untuk membantu tim logistik KMI melakukan pengiriman secara efisien, karena jika semua PO dilayanani akan menambah frekuensi pengiriman dengan pemakaian kapasitas angkut kendaraan yang rendah. Permintaan ketiga produk dalam bersamaan kemungkinan besar menyelesaikan masalah kekurangan beberapa jenis produk tersebut dipasar. Managemen KMI disarankan untuk memperkuat team sales dari jumlah orang dan kualitas orang dan melakukan aktivitas pemasaran seperti promosi, pemotongan harga dan online media
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Produksi Operasiid
dc.titleAnalisis Perubahan Saluran Distribusi Dalam Pemasaran Produk Pt.Kreasi Mas Indahid
dc.subject.keywordDistribusiid
dc.subject.keywordProgram Linearid
dc.subject.keywordBi+2653:2803aya Transportasiid
dc.subject.keywordAnalisa Sebab Akibatid
dc.subject.keywordPt.Kreasi Mas Indahid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E3914OTT.pdf
  Restricted Access
1.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.