Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167040
Title: Perumusan Strategi Pemasaran Fry Counter Dengan Pendekatan Model Aida
Authors: Sumarwan, Ujang
Hartoyo
Oktoriyana, Andi
Issue Date: 2014
Publisher: IPB University
Abstract: Model AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action) banyak digunakan dalam perencanaan promosi suatu produk atau jasa. Adanya tahapan pada reaksi konsumen yang diberikan stimuli akan membawanya pada suatu tindakan dan perubahan perilaku tertentu sesuai yang diinginkan oleh pemasar. Efek hirarki atau tahapan tersebut dapat dikelompokkan dalam tiga dimensi perilaku, yaitu komponen kognitif, afektif, konatif. Oleh karena itu pemasar harus mendesain suatu program yang independen sehingga dapat sukses pada setiap tahapan baik untuk meningkatkan awareness, interest, maupun desire, agar konsumen mau melakukan action pembelian terhadap suatu produk atau jasa. Dalam perikanan budidaya terdapat beberapa sub usaha yang meliputi usaha pembenihan, pendederan, hingga proses pembesaran. Usaha pembenihan merupakan rantai awal dari siklus budidaya ikan. Penyediaan benih unggul merupakan faktor kunci dan strategis untuk dapat menggerakan seluruh sumberdaya dan potensi perikanan budidaya sehingga mampu berkontribusi terhadap pembangunan nasional. Benih berperan penting sebagai sarana produksi utama dalam mengoptimalkan sumberdaya dan potensi perikanan budidaya. Pada umumnya benih yang dihasilkan di sektor perikanan memiliki ukuran yang sangat kecil dan jumlahnya yang sangat banyak. Pengusahaan benih ikan oleh para pembenih ikan seringkali menemui kendala terkait dengan jumlah benih yang diproduksinya. Saat ini belum ada teknologi yang membantu para pembenih ikan dalam melakukan penghitungan benih secara lebih cepat. Penanganan pasca panen pembenihan yaitu proses penghitungan benih masih dilakukan secara manual sedangkan jumlah benih yang dihitung dapat mencapai puluhan hingga ratusan ribu ekor tergantung dengan kapasitas dari usaha pembenihan itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi atribut produk Fry Counter, menganalisis minat pembelian konsumen potensial terhadap produk Fry Counter, dan merumuskan strategi pemasaran yang sesuai bagi produk Fry Counter dalam memasuki pasar. Penelitian ini penting dilakukan mengingat Fry Counter merupakan produk yang tergolong baru dan belum dipasarkan secara komersil, sehingga diperlukan suatu kajian untuk merumuskan strategi pemasaran Fry Counter dengan pendekatan model AIDA. Penelitian ini menguji faktor-faktor yang telah dijelaskan pada beberapa literatur yang memiliki pengaruh terhadap model AIDA untuk pembelian produk Fry Counter. Pada penelitian ini faktor-faktor tersebut dimasukkan kedalam model yang meliputi awareness, interest, dan desire untuk pembelian yang kemudai dianalisis lebih lanjut. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan JuniNovember 2013. Metode pengambilan contoh yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei dengan teknik convenience sampling dengan pertimbangan kemudahan ketersediaan responden dan keterbatasan waktu penelitian. Berdasarkan kriteria tersebut maka diperoleh 152 responden yang dianggap dapat memenuhi dan layak dijadikan sumber data dalam penelitian ini yang merupakan pembudidaya ikan yang berlokasi di Sukabumi. Penelitian ini menggunakan tiga alat analisis yaitu analisis deskriptif, uji validitas, dan Structural Equation Modeling (SEM). Uji reliabilitas dilakukan terhadap 30 responden yang merupakan bagian dari sampel dalam penelitian ini. Dari hasil uji reliabilitas tidak diperlukan adanya perubahan (penambahan atau pengurangan) isi kuesioner. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai r-hitung adalah 0,9274. Nilai ini lebih besar dari r-tabel (0,6). Berdasarkan hasil analisis SEM, variabel-variabel indikator memiliki nilai Uji-T lebih besar dari nilai kritis (nilai kritis = 1,96 untuk alpha = 5 persen). Nilai koefisien faktor muatan seluruhnya memiliki validitas yang baik, dimana dapat dikatakan variabel indikator secara tepat mampu mengukur konstruk yang dimaksud. Uji reliabilitas yang menjelaskan tingkat konsistensi variabel indikator dilihat dari Construct Reliability (CR) dan Variance Extracted (VE). Variabel indikator pada variabel laten lingkungan, pribadi, interest, dan desire memiliki reliabilitas yang baik, karena memiliki nilai CR lebih besar dari 0,7. Sedangkan variabel laten pribadi memiliki nilai VE yang baik karena lebih besar dari 0,50. Pada penelitian ini hanya variabel laten pribadi yang memiliki CR dan VE yang ideal. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel-variabel indikator yang ada pada variabel laten tersebut mampu memberikan informasi yang diinginkan dan dapat dipercaya (diandalkan) dalam memberikan hasil yang relatif sama (konsisten) apabila dilakukan pengukuran kembali. Namun demikian, terdapat juga konstruk yang kurang reliabel, yaitu persepsi atribut, lingkungan, awareness, interest, dan desire. Walaupun nilai CR untuk variabel lingkungan, interest, dan desire memiliki nilai CR yang lebih besar dari 0,7, tetapi nilai VE-nya kurang dari 0,50. Hal ini menunjukkan bahwa variabel-variabel indikator yang ada kurang mampu memberikan konsistensi dalam mengukur variabel laten yang dimaksud. Implikasi manajerial yang dirumuskan untuk meningkatkan awareness adalah menggunakan strategi promosi menekankan pada manfaat meningkatkan keuntungan usaha. Untuk meningkatkan interest dan desire, dapat dilakukan strategi memasarkan produk dengan harga terjangkau dan memberikan kesempatan mencoba. Sedangkan untuk meningkatkan persepsi atribut, strategi yang dapat digunakan adalah memberikan kesempatan mencoba dan alternatif pembelian secara berkelompok. Penelitian ini menemukan bahwa pengaruh eksternal dan internal memiliki pengaruh positif terhadap faktor persepsi atribut. Faktor eksternal dan persepsi atribut memiliki pengaruh positif terhadap faktor awareness. Faktor eksternal memiliki pengaruh negatif terhadap interest untuk membeli produk Fry Counter, sementara itu faktor internal dan awareness memiliki pengaruh positif. Faktor persepsi atribut dan interest memiliki pengaruh positif terhadap faktor desire.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167040
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E3914AND.pdf
  Restricted Access
1.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.