Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167037
Title: Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Madu Merek Percha (Cv.Alam Hijau Lestari)
Authors: Sumarwan, Ujang
Kirbrandoko
Hamzah
Issue Date: 2013
Publisher: IPB University
Abstract: Madu memiliki prospek yang baik dalam bisnisnya, karena selain untuk konsumsi, madu juga dibutuhkan pada industri farmasi dan kosmetik, dengan kisaran mencapai 10.000-15.000 ton/tahun bagi yang menjalankan usaha budidaya lebah, hasilnya juga bukan hanya madu, terdapat royal jelly, pollen, lilin yang juga mempunyai nilai jual di pasaran. Konsumsi madu penduduk Indonesia saat ini hanya 10-15 gram/perkapita/pertahun, sedangkan tingkat konsumsi madu masyarakat di Negara-negara maju seperti Jepang, Inggris, Amerika mencapai 1000-1600 gram/kapita/tahun.Jumlah penduduk Indonesia saat ini adalah 220 juta orang.Bila konsumsi madu sekitar 15 gram/kapita/tahun, maka setiap tahun dibutuhkan madu sebesar 3.300 ton. Sementara produksi madu dalam negeri hanya 1.538-2.824 ton/tahun. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap madu Percha? (2) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen madu Percha? (3) Kebijakan apa yang dapat diambil CV. Alam Hijau Lestari untuk meningkatkan kepuasan konsumen madu Percha ?. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengukur tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap madu Percha (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen madu Percha (3) Merumuskan strategi yang dapat digunakan CV. Alam Hijau Lestari untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen madu Percha Kepuasan konsumen adalah sejauh mana manfaat sebuah produk dirasakan (perceived) sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen (Amir, 2005). Kotler (2000) mengatakan bahwa kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja produk yang ia rasakan dengan harapannya. Sedangkan Loyalitas atau kesetiaan didefinisikan sebagai komitmen yang dipegang kuat untuk membeli atau berlangganan lagi produk atau jasa tertentu di masa depan meskipun ada pengaruh situasi dan usaha pemasaran yang berpotensi menyebabkab perubahan perilaku (Kotler dan Keller, 2007). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif dan dengan pendekatan survei. Pengambilan data diperoleh melalui kuesioner dengan melakukan wawancara langsung kepada konsumen madu Percha di Jakarta. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis SEM (Structural Equation Modeling), CSI (Customer Satisfaction Index) dan CSI (Customer Loyality Index). Hasil analisis dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modeling), CSI (Customer Satisfaction Index) dan CSI (Customer Loyality Index). Didapatkan kesimpulan : (1) Konsumen madu Percha secara umum merasa puas dan loyal dengan kinerja manajemen madu Percha, dimana lebih dari 60% responden menilai puas dan sangat puas serta loyal terhadap produk madu Percha selain itu perhitungan berdasarkan nilai CSI sebesar 0.78 dan CLI sebesar 0.76 dengan kesimpulan puas dan loyal. (2) Produk, jaminan, pelayanan dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan faktor terbesar yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen adalah pelayanan agen (0.73 satuan pengaruh). (3) Semakin tinggi kepuasan konsumen, berpengaruh signifikan terhadap semakin tinggi loyalitas konsumen (0.87 satuan pengaruh), hal ini ditunjukkan dengan konsumen merasa puas dengan produk madu Percha, selain itu mereka termasuk loyal menilai produk tersebut (setia terhadap produk dan mau merekomendasikan kepada pihak lain). (4) Pelayanan di agen paling penting diantara penilaian lainnya, selain itu faktor ini berpengaruh signifikan dan paling besar terhadap kepuasan. Fasilitas pesan antar sangat memberikan kontribusi kepuasan terbesar. Implikasi manajerial yang di hasilkan dari penelitian ini adalah : (1) Prioritaskan distribusi produk madu Percha ke agen terutama yang berukuran 775 gram (2) Setiap agen yang menjual produk madu Percha memberikan brosur atau liflet yang berisikan produk knowledge madu Percha sehingga layanan informasi produk memuaskan konsumen (3) Pemasangan banner di setiap agen perlu dilakukan, isinya tentang kandungan produk madu Percha serta khasiat/manfaatnya
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167037
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E3613HAM.pdf
  Restricted Access
1.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.