Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167008
Title: Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Green Product Hunian
Authors: Sumarwan, Ujang
Yuliati, Lilik Noor
Wardhani, Widya
Issue Date: 2014
Publisher: IPB University
Abstract: Tujuan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Menganalisis faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian green product hunian, (2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian green product hunian, (3) Menganalisis pengaruh antara persepsi dan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian green product hunian, dan (4) Menganalisis keputusan pembelian green product hunian. Permasalahan yang dihadapi adalah permasalahan urbanisasi akibat pesatnya perkembangan kegiatan perekonomian di DKI Jakarta menciptakan kebutuhan akan tempat tinggal yang semakin meningkat. Untuk mengetahui yang menjadi kebutuhan konsumen adalah dengan studi mengenai perilaku konsumen diperlukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk pembelian barang atau jasa. Bagian terpenting bagi manajemen pemasaran adalah bagaimana memfasilitasi proses pembuatan keputusan konsumen. Apabila pemasar dapat mengetahui lebih dalam tentang apa yang ada dalam diri dan pikiran individu tentang apa yang dapat mempengaruhi dirinya sebelum mengambil keputusan membeli barang atau jasa tersebut, maka hal tersebut akan lebih bermanfaat bagi pemasar. Dalam penelitian ini, digali lebih dalam lagi mengenai persepsi dan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian green product hunian di Puri Botanical Residence. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah survey. Teknik pengambilan sampel dengan convenience sampling. Data yang diperoleh adalah 151 responden, dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok penghuni dan kelompok non penghuni. Dalam penelitian ini, dikembangkan model dengan 30 indikator (27 indikator eksogen, 3 indikator endogen). Data dianalisis dengan Analisis Partial Least Square menggunakan program SmartPLS. Hasil dari penelitian ini adalah variabel produk, fasilitas, gambar pengembang, metode pembayaran dan lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian green product hunian, sementara variabel harga, promosi, dan faktor sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian green product hunian. Implikasi manajerial yang dapat disampaikan kepada manajemen PT. Copylas Indonesia terkait dengan variabel yang mempengaruhi konstruk persepsi dan preferensi konsumen yaitu: (1) meningkatkan nilai tambah produk; (2) strategi penetapan harga sesuai dengan karakteristik produk dan manfaat yang ditawarkan; (3) menjamin kesediaan produk yang berkualitas bagi konsumen; dan (4) meningkatkan aktivitas promosi above the line dan below the line.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167008
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E4014WIW.pdf
  Restricted Access
3.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.