Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166997
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKirbrandoko
dc.contributor.advisorDjamaludin, Mohammad Djemdejm
dc.contributor.authorChasanah, Nur
dc.date.accessioned2025-08-07T09:35:05Z
dc.date.available2025-08-07T09:35:05Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166997
dc.description.abstractEquestrian merupakan olahraga yang unik dan sangat berbeda dengan kegiatan olahraga yang lain karena menggunakan kuda sebagai sarana atau alat untuk berolahraga. Penunggang dituntut untuk mampu bekerjasama dan memahami karakteristik hewan kuda dan memperlakukan kuda sebagai mitra, bukan sekedar alat atau hewan tunggangan semata. Sikap dan perilaku atlet memegang peranan penting dalam klub equestrian karena atlet menentukan kualitas dan kelangsungan klub. Tingkat turnover atlet equestrian pada tahun 2012 mencapai 35% dibandingkan pada tahun 2010 dan 2011 yang hanya 25% dan 30%, hal ini berarti terdapat perilaku atlet yang tidak loyal terhadap klubnya. Sebanyak 35% atlet pernah berpindah klub dengan tujuan untuk mendapatkan fasilitas, gaji, dan dorongan yang lebih tinggi daripada yang pernah didapat dari klub sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik atlet equestrian, menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas atlet equestrian, menganalisis hubungan kepuasan terhadap loyalitas atlet equestrian, dan merumuskan strategi peningkatan kepuasan dan loyalitas atlet equestrian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan melakukan survei. Penelitian ini dilakukan di lima belas klub olahraga equestrian yang berada di daerah Depok, Ciputat, Bogor, Jakarta dan Bandung. Penelitian telah dilaksanakan selama dua bulan, dimulai dari bulan September 2012 sampai dengan November 2012; sedangkan pengolahan data, analisis, dan penulisan dilakukan dari bulan Desember 2012 sampai dengan Januari 2013. Adapun tipe pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara metode sensus, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh atlet equestrian di lima belas klub yang semuanya berjumlah 115 orang. Kriteria responden adalah harus merupakan atlet senior yang berstatus sebagai atlet di lima belas klub berkuda yang menjadi tempat penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, dan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Analisis deskriptif pada penelitian ini digunakan untuk menjelaskan data responden yang meliputi demografi dan perilaku atlet. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan instrumen penelitian sebagai alat ukur yang akurat dan dapat dipercaya. Analisis SEM digunakan untuk melihat pengaruh dan tingkat kepuasan atlet terhadap dimensi-dimensi pembentuknya. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap 30 responden yang merupakan bagian dari sampel dalam penelitian ini. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai r-hitung adalah 0,9491. Nilai ini lebih besar dari r-tabel yaitu 0,6. Artinya kuesioner dalam penelitian ini reliabel (akurat, dan konsisten). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Pearson product moment, seluruh instrumen penelitian dinyatakan valid karena seluruh variabel indikator yang diuji memiliki nilai diatas 0,361 untuk jumlah sampel sebanyak 30 dengan tingkat kesalahan 5%. Teori faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas kerja menurut As’ad (1998) yang diterapkan dalam penelitian ini menghipotesiskan adanya hubungan ataupun pengaruh terhadap kepuasan atlet dari sepuluh variabel laten, yaitu prestasi, jaminan, gaji, manajemen klub, pelatih, dorongan, aspek sosial, komunikasi, dan fasilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel laten yang memiliki pengaruh dibawah 30% terhadap kepuasan atlet yaitu dorongan (22,1%), gaji (17,6%), dan fasilitas (7,8%). Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan atlet equestrian terhadap tiga komponen tersebut masih sangat rendah, komponen ini harus mendapatkan perhatian dari pihak klub equestrian untuk dapat memuaskan atletnya pada tiga variabel laten tersebut sambil meningkatkan kinerja dengan mempertahankan variabel laten lain dimana responden sudah puas terhadap klub equestrian. Dimensi kepuasan memiliki pengaruh terhadap loyalitas atlet secara signifikan. Semakin positif tingkat kepuasan atlet terhadap klubnya maka akan semakin besar kemungkinan atlet tersebut akan loyal terhadap klub yang dibelanya. Berdasarkan hasil penelitian tentang kepuasan dan loyalitas atlet equestrian terhadap klub, dapat disimpulkan bahwa karakteristik umum responden yang merupakan atlet equestrian secara keseluruhan didominasi oleh atlet usia muda yaitu 16-25 tahun, laki-laki, sudah menikah, penghasilan Rp.2.000.001-6.000.000 per bulan, insentif Rp.1.000.001-3.000.000 per bulan, berpendidikan SMA, memiliki profesi sampingan sebagai wirausahawan, dan keluarga yang kecil. Berdasarkan perilaku responden, dapat disimpulkan bahwa atlet yang menjadi responden didominasi oleh atlet senior dengan pengalaman lebih dari 8 tahun, pernah mengikuti kejuaraan equestrian >16 kali, belum pernah pindah klub equestrian, frekuensi latihan rata-rata 3-5 kali per minggu, direkrut melalui faktor lain seperti rekomendasi pelatih, keluarga, relasi, teman, dan kejuaraan equestrian. Beberapa faktor yang memberikan kepuasan kepada atlet adalah manajemen klub, prestasi, dan komunikasi. Beberapa faktor yang paling membuat atlet tidak puas adalah fasilitas, gaji dan motivasi. Terdapat hubungan yang signifikan antar kepuasan dan loyalitas. Terbukti bahwa kepuasan merupakan komponen pembentuk loyalitas. Strategi peningkatan kepuasan dan loyalitas atlet equestrian dituangkan dalam implikasi manajerial yang disarankan kepada pihak pengelola klub dan pemerintah.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleAnalisis Kepuasan dan Loyalitas Atlet Equestrian Terhadap Clubid
dc.subject.keywordAtlet Equestrianid
dc.subject.keywordKepuasanid
dc.subject.keywordLoyalitasid
dc.subject.keywordSemid
dc.subject.keywordAnalisis Deskriptifid
dc.subject.keywordSkala Pengukuran Variabelid
dc.subject.keywordUji Validitas Dan Reliabilitasid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E3713NUR.pdf
  Restricted Access
1.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.