Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166989
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHubeis, Aida Vitayala
dc.contributor.advisorKuswanto, Sadikin
dc.contributor.authorDamopolii, Firdaus Alim
dc.date.accessioned2025-08-07T09:34:51Z
dc.date.available2025-08-07T09:34:51Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166989
dc.description.abstractUntuk mencapai kinerja organisasi yang optimal, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kapasitas yang memadai baik secara kualitas maupun kuantitas. Hal ini tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai, seperti motivasi kerja, kepuasan kerja, pengalaman kerja dan remunerasi. Secara psikologis semangat kerja pegawai sangat dipengaruhi oleh dorongan motivasi kerja. Pegawai yang cenderung mendapatkan kepuasan di tempat kerja akan cenderung lebih efektif dalam bekerja. Pengalaman kerja yang dimiliki karyawan dalam kurun waktu tertentu akan dapat meningkatkan kinerja. Begitu juga dengan sistem remunerasi yang diterapkan, dapat mempengaruhi kinerja pegawai. Penerapan sistem remunerasi bertujuan untuk meningkatkan pendapatan di luar gaji pokok pegawai dan diharapkan dapat meningkatkan kinerja pegawai. Penelitian ini dilakukan di Sekretariat Kementerian Lingkungan Hidup selama enam bulan, yaitu dari bulan Januari sampai dengan Juni 2013. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dan studi kasus. Metode sampling yang digunakan adalah metode sensus, dengan menggunakan 132 pegawai Sekretariat Kementerian Lingkungan Hidup sebagai responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) Program dioperasikan melalui Linear Structural Relationship (LISREL) versi 8.30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor motivasi kerja, kepuasan kerja, pengalaman kerja dan remunerasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di Sekretariat Kementerian Lingkungan Hidup. Implikasi hasil penelitian ini untuk kebijakan manajemen adalah: Pertama, pimpinan Sekretariat KLH agar memberikan bimbingan lebih kepada stafnya dan memberikan kesempatan kepada staf untuk dapat berkembang dalam menyelesaikan tugas ataupun memberikan solusi terhadap permasalahan pekerjaan. Kedua, Pimpinan Sekretariat KLH melalui Bagian Kepegawaian dan Biro Hukum dan Humas agar menambahkan persyaratan masa kerja dan pengukuran beban kerja di dalam rancangan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan KLH. Ketiga, Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga KLH perlu mendesain ulang dan merenovasi ruangan kerja sehingga pegawai nyaman untuk bekerja, dapat lebih leluasa bergerak, dan dapat dengan mudah berinteraksi dengan rekan kerja. Keempat, Bagian Kepegawaian KLH agar menerapkan sistem open bidding atau lamaran terbuka untuk menduduki jabatan struktural.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Sumber Daya Manusiaid
dc.titleFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Di Sekretariat Kementrian Lingkungan Hidupid
dc.subject.keywordMotivasi Kerjaid
dc.subject.keywordKepuasan Kerjaid
dc.subject.keywordPengalaman Kerjaid
dc.subject.keywordRemunerasiid
dc.subject.keywordKinerja Pegawaiid
dc.subject.keywordVariabel Eksogenid
dc.subject.keywordAnalisis Deskriptifid
dc.subject.keywordUji Validitas Dan Uji Reliabilitasid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E4013FAD.pdf
  Restricted Access
1.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.