Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166108
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRamdani, Guruh
dc.contributor.authorSyakira, Sheelin Nur Khalida
dc.date.accessioned2025-07-29T06:56:15Z
dc.date.available2025-07-29T06:56:15Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166108
dc.description.abstractIklan yang menggunakan humor sebagai daya tarik agar membuat penerima pesan memperoleh mood positif, sehingga probabilitas penerimaan pesan secara baik akan lebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur humor dalam iklan layanan masyarakat “Penipuan Makin Agak Laen, Kasih Tau yang Laen” dari BCA. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi unsur humor dibangun dalam iklan tersebut serta makna yang dihasilkan. Penelitian ini didukung dengan teori humor relief dari Sigmund Freud yang digunakan untuk melihat bagaimana humor berfungsi sebagai pereda ketegangan dalam penyampaian isu serius. Temuan dari penelitian ini menunjukkan penggunaan unsur humor dalam iklan yang mengangkat isu sensitif seperti penipuan dapat membantu menyampaikan pesan secara lebih ringan dan dapat diterima oleh audiens secara ringan. Humor tidak hanya berfungsi sebagai alat penghibur, tetapi juga berperan sebagai mekanisme untuk meredakan ketegangan emosional yang mungkin timbul dari topik yang serius
dc.description.abstractAn advertisement that use humor as an appeal aim to create a positive mood in the message recipients, thereby increasing the probability of the message being well received. This study aims to analyze the elements of humor in the public service advertisement "Penipuan Makin Agak Laen, Kasih Tau yang Laen" by BCA. This study employs a qualitative method with Roland Barthes' semiotic analysis approach. The main focus of the research is to identify how humor is constructed in the advertisement and the meanings that emerge from it. This research is supported by Sigmund Freud's relief theory of humor, which is used to examine how humor functions as a tension reliever in conveying serious issues. The findings of this study indicate that the use of humor in advertisements addressing sensitive issues such as fraud can help deliver the message in a lighter way and make it more easily accepted by the audience. Humor functions not only as a form of entertainment but also as a mechanism to ease emotional tension that may arise from serious topics
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAspek Humor dalam Iklan "Penipuan Makin Agak Laen, Kasih Tau Yang Laen" dari BCA: Analisis Semiotika Roland Barthesid
dc.title.alternative
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordAdvertisingid
dc.subject.keywordRoland Barthesid
dc.subject.keywordSemioticsid
dc.subject.keywordhumorid
dc.subject.keywordBCAid
Appears in Collections:UT - Digital Communication and Media

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0301211183_67740833313b4296bc84c7e246892fdc.pdfCover1.84 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0301211183_2177e7bce1e24da4b322a8a691b8cde9.pdf
  Restricted Access
Fulltext766.19 kBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0301211183_ceaf29bb89ca4e93ad5045895e9a89a2.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.