Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165826
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorFaturokhman, Muh.-
dc.contributor.authorAfifah, Maura Putri Nur-
dc.date.accessioned2025-07-25T07:52:35Z-
dc.date.available2025-07-25T07:52:35Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165826-
dc.description.abstractPerkembangan teknologi informasi mendorong pelaku usaha untuk beradaptasi melalui pemanfaatan media digital sebagai sarana promosi. Media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram, karena mampu menjangkau konsumen lebih luas dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital melalui media sosial Instagram terhadap peningkatan pendapatan pada usaha Kariksa Kebunku. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan studi kasus tunggal. Teknik analisis data meliputi analisis regresi linear berganda, analisis deskriptif karakteristik konsumen, serta analisis finansial melalui laporan laba rugi dan R/C ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel collaboration berpengaruh signifikan terhadap pendapatan dan secara simultan keempat variabel pemasaran digital (context, communication, connectiom, collaboration) berpengaruh positif terhadap peningkatan pendapatan. Selain itu, terjadi peningkatan penerimaan sebesar 27,5% dan peningkatan nilai R/C ratio dari 1,56 menjadi 1,90. Temuan ini menunjukkan pemasaran digital berpengaruh pada peningkatan finansial. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah pentingnya optimalisasi konten, interaksi konsumen, dan kolaborasi digital dalam pengelolaan akun Instagram bisnis.-
dc.description.abstractThe development of information technology encourages businesses to adapt through the use of digital media as a promotion. One of the most widely used social media platforms is Instagram, due to its ability to reach a broader and more interactive audience. This study aims to determine the effect of digital marketing through Instagram on increasing revenue at Kariksa Kebunku. Data analysis techniques include multiple linear regression analysis, descriptive analysis of consumer characteristics, and financial analysis through profit and R/C ratio. The results showed that the collaboration variable had a significant effect on revenue and simultaneously, the four digital marketing variables (context, communication, connection, collaboration) had a positive effect on increasing revenue. Additionally, there was a 27.5% increase in revenue and an improvement in the R/C ratio from 1.56 to 1.90. These finding shows that digital marketing has a positive impact on financial performance.-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Pemasaran Digital melalui Instagram untuk Meningkatkan Pendapatan pada Kariksa Kebunku Bandung Baratid
dc.title.alternativeThe Effect of Digital Marketing through Instagram to Increase Revenue at Kariksa Kebunku West Bandung-
dc.typeTugas Akhir-
dc.subject.keywordDigital Marketingid
dc.subject.keywordinstagramid
dc.subject.keywordrevenueid
Appears in Collections:UT - Agribusiness Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0310211148_53bd1af8a04040b8a2b1915ac31a62f1.pdfCover2.23 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0310211148_35c6708dabf84b058f7434f8a03df651.pdf
  Restricted Access
Fulltext9.4 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0310211148_eda39790257b484c986762341d8ea741.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.