Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165759
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorJohan, Irni Rahmayani-
dc.contributor.authorPRABAWA, AZAHRA DWIYANTI-
dc.date.accessioned2025-07-24T14:32:01Z-
dc.date.available2025-07-24T14:32:01Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165759-
dc.description.abstractMedia sosial dapat memengaruhi keputusan pembelian, sedangkan literasi keuangan membantu individu mengelola keuangan dengan baik. Kontrol diri penting untuk mengatur impuls belanja di tengah banyaknya promosi online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara variabel serta bagaimana masing-masing faktor mempengaruhi perilaku konsumtif penggemar K pop. Dengan pendekatan kuantitatif, pengambilan data dilakukan secara online mulai November 2024 hingga Januari 2025. Populasinya merupakan generasi Z berusia 18-28 tahun. Responden yang terkumpul sebanyak 212 responden. Hasil penelitian menujukkan sebagian besar responden memiliki literasi keuangan yang rendah dan perilaku konsumtif yang cukup tinggi, meskipun mereka menunjukkan gaya hidup hemat dengan memilih untuk tidak selalu membeli merchandise terbaru dan lebih banyak menghabiskan waktu menonton video musik atau mencari informasi tentang idola mereka melalui media sosial. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kontrol diri.-
dc.description.abstractSocial media can influence purchasing decisions, while financial literacy helps individuals manage their finances well. Self-control is important for regulating shopping impulses amid numerous online promotions. This study aims to analyze the relationship between variables and how each factor influences the consumptive behavior of K-pop fans. Using a quantitative approach, data collection was conducted online from November 2024 to January 2025. The population consists of Generation Z individuals aged 18–28 years. A total of 212 respondents were collected. The research results indicate that most respondents have low financial literacy and relatively high consumer behavior, despite adopting a frugal lifestyle by choosing not to always purchase the latest merchandise and spending more time watching music videos or seeking information about their idols through social media. The research also shows that financial literacy has a significant negative influence on self-control.-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Sosial X, Literasi Keuangan, dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif pada Penggemar K-popid
dc.title.alternativeThe Influence of Social Media X Use, Financial Literacy, and Self-Control on Consumptive Behavior among K-pop Fans-
dc.typeSkripsi-
dc.subject.keywordKontrol Diriid
dc.subject.keywordperilaku konsumtifid
dc.subject.keywordpenggunaan media sosial Xid
dc.subject.keywordliterasi keuanganid
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_I2401211056_bba76523ea1e4112b72d73074b95520d.pdfCover477.88 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_I2401211056_cd8c34aaaf6b400ba53864a3bfd72e23.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.11 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_I2401211056_892fec634c304a009693e0ddbc5b8732.pdf
  Restricted Access
Lampiran264.66 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.