Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165705
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAchsani, Noer Azam-
dc.contributor.advisorSari, Linda Karlina-
dc.contributor.authorMuthia, Aida Fitri-
dc.date.accessioned2025-07-24T03:02:52Z-
dc.date.available2025-07-24T03:02:52Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165705-
dc.description.abstractPolyClean Laundry merupakan usaha jasa laundry yang beroperasi di lingkungan perkotaan dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat. Fluktuasi jumlah pelanggan dan persaingan yang ketat menjadi tantangan dalam mempertahankan kinerja usaha. Ketidakmampuan untuk menyesuaikan diri dengan preferensi pelanggan dapat mengakibatkan penurunan jumlah pelanggan dan berdampak pada kinerja usaha. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan PolyClean Laundry serta mengidentifikasi prioritas atribut pelayanan yang perlu ditingkatkan berdasarkan perbedaan antara kepentingan dan kinerja. Pengolahan data dilakukan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi atribut layanan yang membutuhkan erbaikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai CSI mencapai 83,19%, yang mengindikasikan tingkat kepuasan pelanggan yang sangat baik, meskipun masih terdapat ruang untuk peningkatan. Berdasarkan analisis IPA, atribut prioritas utama yang perlu segera diperbaiki dan menjadi fokus pengembangan terletak pada kuadran I, khususnya pada dimensi daya tanggap (responsiveness) dan empati (empathy). Peningkatan pada aspek daya tanggap dan empati diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan serta stabilitas jumlah konsumen PolyClean Laundry.-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Jasa PolyClean Laundryid
dc.title.alternativeCUSTOMER SATISFACTION ANALYSIS OF POLYCLEAN LAUNDRY SERVICES-
dc.typeSkripsi-
dc.subject.keywordkepuasan pelangganid
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_K1401211127_987fed1dc8b24901bb6874cd36235ceb.pdfCover2.41 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_K1401211127_dac8ab3d7ea14cf2a5de86857e945468.pdf
  Restricted Access
Fulltext984.99 kBAdobe PDFView/Open
lampiran_K1401211127_3c61a4f5aaa54ef0bcb857798f3b4e0a.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.