Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165245
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWana, Hermawan-
dc.contributor.authorShavira, Zahra-
dc.date.accessioned2025-07-18T01:34:33Z-
dc.date.available2025-07-18T01:34:33Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165245-
dc.description.abstractHara Nursery merupakan perusahaan yang bergerak di bidang tanaman hias. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan digital marketing dalam meningkatkan penjualan tanaman hias pada Hara Nursery Bogor. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah belum optimalnya penggunaan media sosial dan platform digital dalam kegiatan pemasaran, sehingga berdampak pada volume penjualan yang belum stabil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan pendekatan paired sample t-test, analisis laporan laba rugi, dan analisis R/C ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan penjualan yang signifikan setelah penerapan digital marketing, dengan rata-rata penjualan naik dari Rp63.012.500 menjadi Rp87.483.333 atau naik sebesar 38,78%. Laba bersih juga meningkat dari Rp80.636.000 menjadi Rp206.540.000, atau mengalami kenaikan sebesar 156,17% dan nilai R/C ratio naik dari 1,3 menjadi 1,6. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital efektif dalam meningkatkan efisiensi dan profitabilitas usaha. Oleh karena itu, digital marketing dapat dijadikan solusi strategis dalam memperluas jangkauan pasar dan memperkuat daya saing bisnis tanaman hias di era digital.-
dc.description.abstractHara Nursery is a company engaged in ornamental plants. This study aims to analyze the effectiveness of digital marketing implementation in increasing ornamental plant sales at Hara Nursery Bogor. The problem faced by the company is the suboptimal use of social media and digital platforms in marketing activities, which has an impact on unstable sales volume. The method used in this study is quantitative analysis with a paired sample t-test approach, income statement analysis, and R/C ratio analysis. The results showed that there was a significant increase in sales after the implementation of digital marketing, with average sales increasing from IDR 63.012.500 to IDR 87.483.333 or an increase of 38.78%. Net profit also increased from IDR 80.636.000 to IDR 206.540.000, or an increase of 156,17% and the R/C ratio value increased from 1,3 to 1,6. These findings indicate that digital marketing strategies are effective in increasing business efficiency and profitability. Therefore, digital marketing can be used as a strategic solution to expand market reach and strengthening the competitiveness of ornamental plant businesses in the digital era.-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleDigital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Tanaman Hias pada Hara Nursery Bogorid
dc.title.alternativeDigital Marketing to Increase Ornamental Plant Sales at Hara Nursery Bogor-
dc.typeTugas Akhir-
dc.subject.keywordDigital Marketingid
dc.subject.keywordloss and profitid
dc.subject.keywordornamental plantsid
dc.subject.keywordpaired t-testid
Appears in Collections:UT - Agribusiness Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0310211149_d79d860ec40f4c3d887d1380a412063c.pdfCover653.7 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0310211149_ac20349a77904671b11a8d5ed7b12bde.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.02 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0310211149_092d4ff97ce443f2b48cef3a41cf92a5.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.