Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165112
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSembada, Pria-
dc.contributor.authorFitri, Nurul-
dc.date.accessioned2025-07-16T08:04:06Z-
dc.date.available2025-07-16T08:04:06Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165112-
dc.description.abstractNURUL FITRI. Analisis Usaha Pasteurisasi Susu Sapi di Serambi Milk Padang Panjang. Dibimbing oleh PRIA SEMBADA. Pengolahan susu segar menjadi susu pasteurisasi merupakan salah satu upaya untuk memperpanjang masa simpan susu tanpa banyak merubah sifat fisiknya dari susu tersebut. Analisis Usaha ini bertujuan menganalisis kelayakan finansial usaha pasteurisasi susu sapi di Serambi Milk Padang Panjang. Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih 5 bulan dengan mengumpulkan data primer dan sekunder dengan mengikuti kegiatan langsung, wawancara dan dokumentasi kegiatan. Proses pasteurisasi yang digunakan dalam proses produksi adalah menggunakan metode Long temperature Long Time (LTLT). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa biaya produksi yang dikeluarkan selama kurang lebih 5 bulan yaitu sebesar Rp 68.288.581 dengan pendapatan penjualan sebesar Rp 92.700.000 dengan keuntungan bersih sebesar Rp 24.411.419. Nilai R/C Ratio usaha ini >1 yaitu 1.36 yang dapat diartikan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan, namun meski ada beberapa tantangan yang dihadapi seperti pemasokan susu dari peternak lain yang masih kurang memenuhi. Strategi pengembangan usaha yang disarankan untuk usaha yang dijalankan oleh Serambi Milk yaitu dengan menguatkan pemasaran digital seperti instagram. Kata kunci : Analisis usaha, R/C Ratio, Strategi pemasaran, Susu Pasteurisasi-
dc.description.abstractNURUL FITRI. Business Analysis of Cow’s Milk Pasteurization at Serambi Milk Padang Panjang. Supervised by PRIA SEMBADA. The processing of fresh milk into pasteurized milk is an effort to extend the shelf life of milk without significantly altering its physical properties. This business analysis aims to assess the financial feasibility of the cow’s milk pasteurization business at Serambi Milk Padang Panjang. The project was carried out over approximately five months by collecting primary and secondary data through direct participation, interviews, and documentation. The pasteurization method used in the production process is the Long Temperature Long Time (LTLT) method. The calculation results show that the production cost incurred over approximately five months was Rp68,288,581, with sales revenue of Rp92,700,000, resulting in a net profit of Rp24,411,419. The R/C Ratio value is >1, namely 1.36, indicating that the business is feasible to run, although there are some challenges such as the insufficient supply of fresh milk from other farmers. A recommended business development strategy for Serambi Milk is to strengthen digital marketing, especially through instagram. Keywords: Financial Analysis, Marketing Strategy, Pasteurized Milk, R/C Ratio.-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Usaha Pasteursasi Susu Sapi di Serambi Milk Padang Panjangid
dc.title.alternativeBusiness Analysis of Cow’s Milk Pasteurization at Serambi Milk Padang Panjang-
dc.typeTugas Akhir-
dc.subject.keywordFinancial Analysisid
dc.subject.keywordR/C ratioid
dc.subject.keywordMarketing Strategyid
dc.subject.keywordPasteurized Milkid
Appears in Collections:UT - Livestock Management and Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0309211058_ecb06b58413c484097e272606ff23179.pdfCover1.27 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0309211058_1615375ccaf04805a8de3aad201eb807.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.91 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0309211058_2457c96975f5494ebce93713a999cea0.pdf
  Restricted Access
Lampiran852.7 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.