Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164967
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuljono, Pudji-
dc.contributor.advisorCholagi, Fahmi Fuad-
dc.contributor.authorWandi, Zahra Namirah-
dc.date.accessioned2025-07-15T01:20:46Z-
dc.date.available2025-07-15T01:20:46Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164967-
dc.description.abstractPerkembangan iklan digital mendorong perusahaan menggunakan strategi visual dalam menarik perhatian audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan retorika visual dalam iklan Indomie Korean Ramyeon Series x NewJeans di media YouTube serta bagaimana elemen visual menyampaikan pesan dan membangun hubungan emosional dengan audiens. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi iklan dan wawancara dengan penggemar Kpop dan Generasi Z yang telah menonton iklan tersebut serta diuji keabsahannya dengan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen visual seperti warna, simbol, ekspresi wajah, dan komposisi ruang memiliki makna, sesuai dengan syarat dan karakteristik retorika visual. Visual-visual tersebut mampu menarik perhatian dan membangun kedekatan emosional dengan audiens, sehingga mendorong ketertarikan untuk mencoba atau membeli produk. Temuan ini menunjukkan bahwa retorika visual dalam iklan tidak hanya memperkuat pesan produk, tetapi juga menciptakan daya tarik dengan target audiens. Penerapan retorika visual menjadi penting karena mampu membangun komunikasi persuasif dalam memengaruhi audiens secara emosional maupun kognitif.-
dc.description.abstractThe growth of digital advertising has led companies to use visual strategies to attract audiences. This study analyzes how visual rhetoric is applied in the Indomie Korean Ramyeon Series x NewJeans YouTube ad, focusing on how visual elements convey messages and build emotional connections. Using a descriptive qualitative approach, data were gathered through ad observation and interviews with K-pop fans and Gen Z viewers, validated through method triangulation. Findings show that elements like color, symbols, facial expressions, and spatial composition carry symbolic meaning and align with visual rhetoric principles. These visuals engage audiences, sparking interest and encouraging product trials or purchases. The study concludes that visual rhetoric not only strengthens the product message but also creates culturally and emotionally relevant appeal for the target audience, making it a key tool in persuasive advertising.-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePenerapan Retorika Visual dalam Iklan Indomie Korean Ramyeon Series X NewJeans di Media Youtubeid
dc.title.alternativeThe Application of Visual Rhetoric in the Indomie Korean Ramyeon Series X NewJeans Advertisement on YouTube-
dc.typeTugas Akhir-
dc.subject.keywordAdvertisementid
dc.subject.keywordvisualid
dc.subject.keywordIklanid
dc.subject.keywordvisualid
dc.subject.keywordRhetoricid
dc.subject.keywordRetorikaid
Appears in Collections:UT - Digital Communication and Media

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0301211116_802ea83dd9234c6c9606acf67bad4c9e.pdfCover934.91 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0301211116_3dcc483cf78b47fe9ffa46e3961c9e8a.pdf
  Restricted Access
Fulltext4.79 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0301211116_c58d6d460f7b45e3a222114412942ea5.pdf
  Restricted Access
Lampiran7.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.