Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164703
Title: Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Coffee Shop di Askara Coffee & Kitchen
Other Titles: Analysis of the Coffee Shop Business Development Strategy at Askara Coffee & Kitchen
Authors: Nurhayati, Popong
Hannan, Sufrin
Yuningsih, Siti
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Jumlah coffee shop dan restoran di Kota Bogor pada tahun 2022 hingga 2023 mengalami pertumbuhan hingga 48,3% sehingga menyebabkan persaingan pada industri ini semakin ketat. Hal tersebut juga berdampak pada usaha Askara Coffee & Kitchen yang semakin berat dalam mempertahankan kestabilan pendapatan dan perkembangan bisnisnya. Terlebih lagi, terdapat 38 coffee shop dan restoran pesaing dalam radius lima kilometer di sekitar Askara Coffee & Kitchen. Askara Coffee & Kitchen perlu memahami karakteristik dan perilaku konsumen serta faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen agar strategi pengembangan bisnis menjadi lebih terarah dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen, menganalisis lingkungan internal dan eksternal Askara Coffee & Kitchen, serta merumuskan strategi untuk meningkatkan kembali pendapatan guna perkembangan bisnisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa mix method, yaitu menggabungkan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen dianalisis menggunakan metode IPA yang didukung oleh data kualitatif melalui wawancara dan observasi untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Value chain analysis digunakan untuk menganalisis lingkungan internal perusahaan, sedangkan porter’s five forces digunakan untuk menganalisis lingkungan eksternal perusahaan. Dalam penyusunan strategi pengembangan, digunakan matriks IFE dan EFE yang menghasilkan matriks IE untuk mengetahui posisi perusahaan. Dalam perumusan alternatif strategi pengembangan bisnis, digunakan matriks SWOT. Pada tahap akhir, matriks QSPM digunakan untuk memeroleh urutan prioritas strategi yang tepat untuk diterapkan oleh perusahaan. Hasil strategi prioritas utama yang diperoleh adalah Askara Coffe & Kitchen perlu membuka cabang baru yang mampu mengatasi berbagai kelemahan internal dengan memanfaatkan peluang eksternal yang ada. Penambahan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dengan tetap mempertahankan konsep coffee shop yang bertemakan alam. Selain itu, pembukaan cabang baru Askara Coffee & Kitchen perlu disertai sertifikasi halal dan standarisasi layanan untuk mendorong peningkatan penjualan dan pengembangan bisnis yang lebih optimal.
The number of coffee shops and restaurants in Bogor City from 2022 to 2023 experienced growth of up to 48,3%, resulting in increasingly fierce competition in this industry. This also impacts Askara Coffee & Kitchen, making it increasingly difficult to maintain revenue stability and business growth. Moreover, there are 38 competing coffee shops and restaurants within a five- kilometer radius around Askara Coffee & Kitchen. Askara Coffee & Kitchen needs to understand consumer characteristics and behavior, as well as the factors that influence consumer purchasing decisions, so that business development strategies become more focused and effective. This research aims to analyze the factors influencing consumer purchasing decisions, examine the internal and external environment of Askara Coffee & Kitchen, and formulate strategies to boost revenue for the development of its business. The method used in this research is a mix method, which combines both quantitative and qualitative methods. Factors influencing consumer purchasing decisions are analyzed using the IPA method, supported by qualitative data through interviews and observations to gain a deeper understanding. Value chain analysis is used to analyze the internal environment of the company, while Porter's five forces are used to analyze the external environment of the company. In the formulation of development strategies, the IFE and EFE matrices are used, which produce the IE matrix to determine the company's position. In formulating alternative business development strategies, the SWOT matrix is used. At the final stage, the QSPM matrix is used to obtain the correct order of priority strategies to be implemented by the company. The main priority strategy obtained is that Askara Coffee & Kitchen needs to open a new branch that can address various internal weaknesses by leveraging existing external opportunities. This addition is expected to increase revenue while maintaining the nature-themed coffee shop concept. In addition, the addition of the new branch at Askara Coffee & Kitchen needs to be accompanied by halal certification and service standardization to encourage increased sales and more optimal business development.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164703
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_K1501232164_b3fe5189d5cd4f318e31d6fe7c5a220a.pdfCover1.17 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_K1501232164_3705bfd449eb4aa6a9cb5a9ea160cd24.pdf
  Restricted Access
Fulltext6.85 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_K1501232164_508f7c37561b4cfcb216d467e536a828.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.