Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164685
Title: Pengaruh Interaksi Ibu-Anak dan Resiliensi terhadap Adiksi Internet pada Remaja selama Masa Pembelajaran Jarak Jauh
Authors: Alfiasari
Salsabila, Syifa
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Pembelajaran jarak jauh dapat meningkatkan risiko terjadinya adiksi internet akibat meningkatnya penggunaan internet serta berkurangnya interaksi remaja dengan temannya. Risiko tersebut dapat dicegah melalui interaksi positif antara ibu dan anak serta resiliensi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi ibu-anak dan resiliensi terhadap adiksi internet pada remaja selama masa pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatori. Contoh penelitian ini terdiri atas 202 siswa SMP/MTs dan SMA/SMK/MA yang melakukan pembelajaran jarak jauh dan tinggal bersama ibu selama pandemi Covid-19. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini ialah non-probability dengan teknik pengambilan contoh convenience sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa interaksi ibu-anak secara signifikan berhubungan positif dengan resiliensi remaja dan berhubungan negatif dengan adiksi internet. Sementara itu, hasil uji regresi menunjukkan interaksi ibu-anak secara signifikan berpengaruh positif terhadap resiliensi remaja dan berpengaruh negatif terhadap adiksi internet remaja. Namun, tidak ditemukan hubungan nyata antara resiliensi dan adiksi internet, serta pengaruh nyata resiliensi terhadap adiksi internet.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164685
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I21ssa.pdf
  Restricted Access
Fulltext19.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.