Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164683
Title: Pengaruh Motivasi, Pengetahuan Produk dan Efikasi Diri terhadap Kerentanan Konsumen Pengguna Kartu Kredit
Authors: Yuliati, Lilik Noor
Fitri, Ramadhani Nur
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Pada tahun 2019, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) telah menerima 106 kasus pengaduan perbankan dengan 15,09% pengaduan bank mengenai kartu kredit. Pengaduan konsumen mengindikasikan adanya kerentanan konsumen. Kerentanan konsumen merupakan keterbatasan konsumen dalam asimilasi dan akses informasi sehingga rentan terhadap praktik tekanan pelaku usaha yang curang sehingga konsumen berpeluang mengalami risiko kerugian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi, pengetahuan produk dan efikasi diri terhadap kerentanan konsumen pengguna kartu kredit. Desain penelitian ini adalah cross sectional study. Pengambilan data dilakukan bulan Maret hingga April 2021 selama tiga minggu. Data diperoleh menggunakan kuesioner online dengan 205 responden. Analisis data menggunakan metode SEM melalui software LISREL 8.80. Hasil penelitian menunjukkan motivasi penggunaan kartu kredit responden, pengetahuan produk terkait kartu kredit, efikasi diri penggunaan kartu kredit dan kerentanan konsumen pengguna kartu kredit berada pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan kerentanan konsumen yang terdiri dari dimensi akses informasi, tekanan pelaku usaha dan risiko kerugian dipengaruhi oleh motivasi dan efikasi diri tetapi tidak dipengaruhi oleh pengetahuan produk. Motivasi dan efikasi diri berpengaruh positif terhadap seluruh variabel.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164683
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I21rnf.pdf
  Restricted Access
Fulltext18.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.