Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164655
Title: Pengaruh Pengetahuan dan Self-Confidence terhadap Perilaku Komplain Konsumen di Indonesia
Authors: Simanjuntak, Megawati
Azizah, Sheila Nur
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Perilaku komplain adalah suatu respon ketidakpuasan terhadap barang atau jasa yang digunakan. komplain merupakan feedback atau umpan balik dari konsumen yang cenderung bersifat negatif yang ditujukan kepada perusahaan. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dan self-confidence terhadap perilaku komplain di Indonesia. Desain penelitian menggunakan cross-sectional dengan pengumpulan data secara multi-stage random sampling. Cara ini merupakan salah satu model pengambilan sampel secara acak yang pelaksanannya dilakukan dengan membagi populasi menjadi beberapa fraksi. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 2100 responden dengan 10 orang responden untuk wawancara mendalam. Data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, independent sample t-test, dan SEM menggunakan Linear Structural Relationship (LISREL) 8.72. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan perilaku komplain responden tergolong rendah, sedangkan self-confidence cenderung terkategori sedang. Selanjutnya, pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap perilaku komplain. Namun, pengetahuan tidak berpengaruh signifikan terhadap self-confidence. Hasil lain juga ditemukan bahwa self-confidence tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku komplain. Oleh karena itu, perlu adanya konsep self lain yang dapat memengaruhi perilaku komplain konsumen.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164655
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I20sna.pdf
  Restricted Access
Fulltext25.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.