Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164643
Title: Pengaruh Kelekatan Remaja-Orang Tua, Regulasi Emosi, dan Hubungan Persahabatan terhadap Online Resilience Remaja
Authors: Latifah, Melly
Hasanah, Raihan 'Ainun
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Media sosial dapat memberikan dampak positif maupun negatif bagi penggunanya, khususnya remaja yang menjadi kelompok usia dengan persentase pengguna internet terbesar. Online resilience menjadi kemampuan yang diperlukan remaja untuk tangguh menghadapi risiko negatif dalam menggunakan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik remaja, karakteristik keluarga, kelekatan remaja-orang tua, regulasi emosi, dan hubungan persahabatan terhadap online resilience pada remaja. Penelitian ini menggunakan desain eksplanatori dengan melibatkan 224 remaja pengguna media sosial usia 15-18 tahun yang tinggal bersama orang tua lengkap. Penarikan contoh diambil secara purposive sampling. Data diperoleh dengan pelaporan diri melalui kuesioner daring dan dianalisis dengan uji regresi linear berganda. Lebih dari separuh remaja memiliki kelekatan dengan ayah kategori rendah dan kelekatan dengan ību kategori sedang. Lebih dari separuh remaja memiliki regulasi emosi penilaian ulang kategori sedang dan lebih dari sepertiga remaja memiliki regulasi emosi penekanan emosi kategori rendah. Lebih dari separuh remaja memiliki hubungan teman sebaya kategori tinggi dan online resilience kategori sedang. Hasil uji regresi (R2=0.394) menunjukkan bahwa jenis kelamin remaja, pendapatan per kapita, regulasi emosi penilaian ulang, dan hubungan persahabatan berpengaruh terhadap online resilience remaja
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164643
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I20rah.pdf
  Restricted Access
Fulltext19.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.