Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164603
Title: Analisis Isi Iklan Layanan Masyarakat Hemat Air pada Media Sosial YauTube.
Authors: Sumarwan, Ujang
Kusairi, Akhmad
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan layanan masyarakat hemat air pada media sosial YouTube menggunakan analisis isi. Jumlah panel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 85 panel yang diseleksi menjadi 60 panel iklan layanan masyarakat hemat air pada media sosial YouTube. Variabel yang dianalisis di dalam penelitian ini adalah karakteristik pesan, klasifikasi dan efektivitas pesan. Karakteristik pesan seperti durasi video, waktu publikasi, jumlah pelanggan, jumlah suka, jumlah tidak suka, jumlah komentar, jumlah penonton, sifat kepemilikan akun, konsistensi saluran dalam menggunggah video dan sifat pesan yang disampaikan secara bersambung atau tuntas dalam satu saluran. Klasifikasi iklan seperti cerita, dokementer, berita, pembelajaran dan presentasi. Iklan video yang dianalisis adalah video iklan layanan masyarakat hemat air yang dipilih berdasarkan video yang berada pada urutan paling atas dalam sebuah pencarian dengan menggunakan kata kunci hemat air. Iklan dianalisis untuk diketahui efektivitas pesan yang disampaikan video iklan melalui media sosial YouTube. Berdasarkan hasil analisis, dari 60 video iklan layanan masyarakat yang diteliti terdapat 30% atau 18 video iklan termasuk ke dalam iklan layanan masyarakat yang efektif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan kepada pembuat video iklan atau pemilik saluran, baik kepemilikan secara individu ataupun kepemilikian secara kelompok, agar dapat membuat iklan yang efektif untuk disosialisasikan kepada masyarakat.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164603
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I20aku.pdf
  Restricted Access
Fulltext20.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.