Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164521
Title: Analisis Kesesuaian Label Pangan dan Klaim pada Kemasan serta Iklan Produk Olahan Cabai Terhadap Peraturan Perundang-Undangan
Authors: Sumarwan, Ujang
Susanti, Susi
Issue Date: 2015
Publisher: IPB University
Abstract: Maraknya kecurangan yang dilakukan oleh para produsen sehingga menyebabkan pelanggaran terhadap hak-hak konsumen menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian islabel pangan dan klaim pada kemasan dan iklan produk olahan cabai terhadap preaturan yang berlaku. Variabel yang dianalsis yaitu produk olahan cabai dipasaran, unsur label yang dicantumkan pada kemasan dan isi klaim pada kemasan dan iklan, produk olahan cabai yang dianalsis didapat dari berbagai pasar modern dibogor. Iklan yang diamati merupakan iklan yang diunduh dari youtube. Label pangan dievaluasi berdasarkan PP No.69/1999, iklan berdasarkan Etika Pariwara Inclonesia (EPI) BAB III A, kedua dianalisis lanjut dengan UUPK. Persentase kehma unsur pelabelan yaitu teknis pencantuman label (87,4%), tulisan pada label (50.7%), keterangan minimum label (88.4%), keterangan lain (36,18%), dan keterangan yang dilarang atau tidak boleh dicantumkan (96,6%). Rata-rata pencantuman klaim produk berturut-turut adalah klaim objektif sebanyak 21 (25.9%), klaim subjektif 60 (74,1%), dan tidak rasional arti sebanyak 4 (4,9%). Hasil evaluasi menunjukkan masih terdapat ketidaksesuaian pada label pangan dan Klaim pada kemasan dan iklan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164521
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I15ssu.pdf
  Restricted Access
Fulltext30.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.