Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162661
Title: Dampak Pendidikan terhadap Ketimpangan Pendapatan di Pulau Jawa
Other Titles: The Impact of Education on Income Inequality in Java Island
Authors: Alexandi, Muhammad Findi
Maharani , Anggita Zahara
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Ketimpangan pendapatan mencerminkan perbedaan distribusi pendapatan antara kelompok masyarakat berpenghasilan tinggi dan rendah. Pulau Jawa sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi nasional masih menghadapi tantangan ketimpangan pendapatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pendidikan terhadap ketimpangan pendapatan di Pulau Jawa periode 2019-2023 dengan metode regresi data panel dengan model Fixed Effect Model (FEM). Variabel yang digunakan mencakup indeks gini sebagai variabel dependen, serta jumlah sekolah, rata-rata lama sekolah, angka partisipasi sekolah, pertumbuhan ekonomi, dan jumlah penduduk sebagai variabel independen. Hasil menunjukkan bahwa jumlah sekolah berpengaruh negatif signifikan terhadap ketimpangan pendapatan, sementara rata-rata lama sekolah, angka partisipasi sekolah, pertumbuhan ekonomi, dan jumlah penduduk berpengaruh positif signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan akses pendidikan dapat menekan ketimpangan, tetapi partisipasi tanpa pemerataan kualitas justru dapat memperlebar kesenjangan. Implikasinya, kebijakan pendidikan harus diarahkan pada pemerataan kualitas dan akses, serta didukung oleh pengendalian jumlah penduduk dan distribusi hasil pembangunan yang lebih merata.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162661
Appears in Collections:UT - Economics and Development Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_H1401211025_db4d469b6a7f4ea59ce7ef4984194dc2.pdfCover697.16 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_H1401211025_cbaaa0d229094b4ea017834e63d7244c.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.02 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_H1401211025_31d721d7b9074b72ba595d4af01d2e5d.pdf
  Restricted Access
Lampiran339.44 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.