Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/16265
Title: Evaluasistrategipemasaran Produk Roti Manis (Studi Kasus Di Pt. Fits Mandiri, Bogor)
Authors: Karunianingsih, Tri
Issue Date: 2002
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Pemasaran barang atau jasa sangat mudah dilakukan oleh sebagian besar orang, namun belum tentu mereka dapat melakukan kegiatan pemasaran yang efektif. Kegiatan terse but memerlukan pengelolaan serius yang menjadi indikasi dari tujuan komersial perusahaan dan biasa disebut dengan strategi pemasaran. Tulisan ini secara khusus akan membahas tentang evaluasi strategi pemasaran produk roti manis berukuran mini yang merupakan produk andaian dari PT. FITS Mandiri. Topik tersebut dipilih dengan mempertimbangkan tentang trend hangat di Kota Bogor, yaitu menyajikan produk roti manis berukuran mini sebagai hidangan bergengsi dan sebagai oleh-oleh khas selain asinan dari kola Bogor. Dengan demikian ingin diketahui efektifitas kegiatan pemasaran yang selama ini sudah dilakukan oleh PT. FITS Mandiri. PT. FITS Mandiri adalah sebuah perusahaan milik jurusan Teknologi Pangan dan Gizi (TPG), Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), bersal11a Pusat Study Pangan dan Gizi (PSPG), Institut Pertanian Bogor. Perusahaan ini bergerak dalal11 industri pangan yang memproduksi produk bakery, seperti roti manis berukuran mini yang diproduksi setiap hari, dan paslly atau croissant yang diproduksi jika ada pesanan. Semua produk tersebut diberi merek FITS dan ditawarkan bervariasi dengan harga sesuai, kemasan kardus, dan dipasarkan melalui perantaraJoutlet-outlet di lingkungan kampus IPB Darmaga. Kegiatan komersial yang sudah dilakukan perusahaan selama ini dirasa belum maksimal, karena : (I) tidak ada penelitian tentang STP, (2) organisasi perusahaan yang belum profesional, dan (3) kapasitas produksi yang belum maksimal. Permasalahan tersebut dievaluasi l11elalui tahap : analisis bauran pemasaran -+ analisis lingkungan perusahaan -+ analisis SWOT -+ evaluasi strategi pemasaran. Dengan tahapan-tahapan ini, diharapkan dapat diperoleh suatu strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produk FITS bakery. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil evaluasi bahwa PT. FITS Mandiri melakukan strategi pemasaran serba sama, sebab segmen pasar sasarannya belum ditentukan. Selain itu, perusahaan ini sudah melakukan strategi penempatan produk dan strategi market nicher. Pada intinya, strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh PT. FITS Mandiri adalah : (1) Memperbaiki kualitas dan citra produk, (2) Mengutal11akan pelayanan pada konsumen, khususnya warga kampus IPB dengan cara mengembangkan produk-produk lain yang dapat memuaskan kebutuhan akan pangan di lingkungan kampus. (3) Melakukan kegiatan promosi yang gencar dengan memanfaatkan radio kampus, kerjasama dengan sekretaris-sekretaris, dan lain sebagainya. (4) Melakukan distribusi intensif untuk memasarkan produk komersial, sehingga semua wilayah dalam lingkungan pemasaran yang sudah \ dipilih dapat dilayani dan untllk mendekatkan diri pada konsumen. (5) Mengantisipasi serangan pesaing dengan bersifat kondusif terhadap keadaan pasar, membina hubungan kerjasama yang baik dengan perantara pemasaran, dan lain-lain. (6) Perluasan pasar dengan cara membuka outlet khusus l11ilik perusahaan di luar Iingkungan kampus, dengan mel11pekeljakan pegawai tal11bahan atau pe1uualan keliling dengan etalase yang menarik. Hal ini diduga dapat menjangkau konsumen lebih banyak lagi, sehingga volume penjualannya dapat meningkat dan kapasitas produksi dapat maksimal.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/16265
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F02tka_abstract.pdf
  Restricted Access
Abstract357.81 kBAdobe PDFView/Open
F02tka.pdf
  Restricted Access
Full Text3.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.