Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/16261
Title: Mempelajari Kegiatan Promosi Dan Hasil Penjualan Ice Cream Swensen's (Studi Kasus Di Pt. Aneka Satwitra Sari Food, Jakarta)
Authors: Simatupang, Tulus Hasiholan
Issue Date: 2002
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Pada era globalisasi saat ini beberapa perusahaan baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis saling bersaing satu sama lain dalam melakukan penjualan produlmya. PT. Aneka Satwitra Sari Food (ASSF) sebagai perusahnan yang memproduksi makanan harus cermat dalam menggunakan strategi-strategi pemasaran yang berkualitas, terutama pada produk, harga, distribusi dan promosi yang diinginkan sehingga dapat menguasai kedudukan pasar konsumennya. Strategi pemasaran yang dilakukan terhadap produk adalah strategi multi produk. Dalal11 strategi ini pihak perusahaan menawarkan beraneka macam rasa produk yang diinginkan konsul11en, agar tidak teljadi kebosanan terhadap produk yang diberikan. Pada strategi pel11asaran terhadap harga yang dilakukan adalah dengan menentukan sasaran konsumen yang diinginkan. Sasaran konsulllen yang diinginkan perusahaan adalah golongan ekonomi menengah ke atas dengan target sasaran terdiri dari anak-anak hingga remaja. Penelllpatan sasaran konsulllen ini menurut pihak perusahaan untuk rnemberikan kesan Illewah dan kebanggaan kepada konsulllen yang membeli. Strategi pemasaran terhadap sa luran distribusi yang dilakukan perusahaan aelalah sistelll distribusi langsung elan tielak langsung yang elilakukan karena pcrusahaan berprinsip kepaela pelllerataan elistribusi. Artinya tidak eliinginkan teljaelinya penumpukan proeluk di satu wiiayah, Illelainkan tersebarnya produk secara merata eli setiap wilayah meskipun jumlahnya tielak terlalll banyak. Dalam l11elakukan kegiatan prol11osi, sebagai bagian dari strategi marketing mix, PT. ASSF l11enggunakan sarana prol11osi : periklanan, promosi penjualan, promosi perorangan dan publisitas, dimana kombinasi keel1lpat alat promosi terse but disebut promotional mix. Pada umumnya ktlgiatan promosi yang dilakukan oleh PT. ASSF sudah cukup baik bila ditinjau dari alat-alat promosi yang dipergunakan, namun masih sulit untuk menilai apakah kOlllbinasi promotional mix yang clipilih adalah yang optimal. Berelasarkan hasil analisa regresi clan korelasi antara biaya promosi yang dikeluarkan clengan hasil pel,jualan perusahaan dapat cliketahui bahwa aela pel'ubahan yang signitlkan antara biaya prol11osi dengan hasil penjualan. Hal ini clapat clilihat dari nilai F dan t yang cliperoleh pacla uji regresi linier bergallcht. Nilai uji F = 20, 89492, seclangkan untuk nilai uji t ada clua macal11 antara lain nilai uji t = 5,07 untuk periklanan pacla saat promosi penjualan konstan dan nilai qji t = -3,166 untuk promosi penjualan pada saat periklanan konstan. Nilai uji F dan uji t yang clidapat ini memenuhi persyaratan clalam analisa regresi berganda yaitu lebih besar dari nilai tabel F dan t. Dengan demikian biaya promosi yang dikeluarkan untuk kegiatan periklanan dan kegiatan promosi penjua!an mempunyai clampak terhadap hasil penjualannya. Pada pengt~iian mengenai kegiatan promosi yang memplUlyai dampftk dominan terhadap perubahan hasil penjualan berdasarkan metode regresi sederhana, nilai uji F yang dihasilkan dari biaya periklanan dan promosi penjualan adalah 16,74 dan 17,73. Hal ini berarti bahwa biaya yang dikeluarkan untuk kedua kegiatan tersebut memberikan kontribusi yang besar pengaruhnya terhadap perubahan hasil penjualan. Tidak ada dorninisasi dari masing-masing kegiatan prom0si tersebut dalam memberikan kontribusinya terhadap perubahan hasil peLjualan. Kemudian pelaksanaan kegiatan promosi yang dijalankan PT. ASSF sudah cukup efektif Penilaian ini berdasarkan nilai koefisien korelasi (1') yang dimiliki dari biaya yang dikeluarkan untuk masing-masing kegiatan tersebut, dimana nilai-nilai yang diberikannya adalah 77 % untuk biaya periklanan yang dikeluarkan dan 78 % untuk biaya promosi penjualan yang dikeluarkan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/16261
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F02ths_abstract.pdf
  Restricted Access
Abstract263.04 kBAdobe PDFView/Open
F02ths.pdf
  Restricted Access
Full Text2.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.