Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162398
Title: Analisis Sikap Konsumen Terhadap Beras Organik (Kasus Kabupaten Sukabumi)
Authors: Yulianti, Lilik Noor
Retnaningsih
Idaman, Northa
Issue Date: 2012
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis atribut-atribut produk yang lianggap penting oleh konsumen di Kabupaten Sukabumi terkait dengan beras organik; (2) menganalisis kontribusi sikap terhadap perilaku pembelian beras organik (attitude toward behavior), norma subjektif (subjective norms), dan kontrol perilaku (perceived behavioral control) terhadap minat membeli beras organik di Kabupaten Sukabumi; (3) merumuskan implikasi manajerial yang didapat dari hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan survei dalam pengumpulan datanya. Survei dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada responden yang berisi pertanyaan terbuka maupun tertutup. Jenis dan sumber data yang dikumpulkan merdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari pengisian kuesioner oleh responden dan data sekunder didapatkan dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Sukabumi, BPS, dan Kementan Teknik pengumpulan data melalui pengisian kuesioner yang terstruktur dengan nendatangi langsung responden yang memenuhi kriteria. Adapun kriteria responden tersebut adalah tinggal di Kabupaten Sukabumi, sebagai pengambil keputusan pembelian beras dalam keluarga, memiliki pengetahuan tentang beras organik, belum pernah membeli dan mengkonsumsi beras organik, serta ada pada rentang usia 17 sampai dengan 55 tahun. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini secara cominience compling di empat kecamatan yang memiliki Jumlah penduduk terbesar di Kabupaten Sukabumi, yaitu Cicurug, Cibadak, Cisaat dan Palabuhanratu. Adapun jumlah responden yang mengisi kuesioner sebanyak 151 orang. Penelitian ini didasarkan atas Theory of Planned Behavior (TPB) yang tikembangkan oleh Icek Azjen pada tahun 1991 dan menggunakan tiga analisis, yaitu analisis deskriptif, Cochran dan Structural Equation Modelling (SEM). Analisis deskriptif digunakan untuk melihat karakteristik dan gambaran umum mengenai responden. Analisis Cochran digunakan untuk melihat atribut-atribut apa yang dipentingkan dan diprioritaskan oleh konsumen di Kabupaten Sukabumi merkait dengan beras organik. Sedangkan analisis SEM digunakan untuk melihat kontribusi arritude toward behavior (behavioral belieft dan outcome evaluation), Subjective norms (normatif belief: dan motivation to comply) serta perceived behavioral control (control belieft dan control of factor) terhadap pembentukan minat membeli beras organik (behavioral intention) di Kabupaten Sukabumi berdasarkan TPB. Hasil analisis Cochran menunjukkan bahwa dari 18 atribut yang diuji, hanya ada tiga atribut yang dipentingkan dan diprioritaskan. Atribut tersebut adalah harga, kandungan gizi dan informasi produk pada kemasan. Hal tersebut menunjukkan bahwa memang atribut harga masih menjadi pertimbangan utama dalam membeli beras organik, sedangkan atribut-tribut yang terkait dengan green product masih belum menjadi pertimbangan utama. Hasil analisis SEM.....dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162398
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R4512NOR.pdf
  Restricted Access
2.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.