Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162387
Title: Formulasi Strategi Peningkatan Produksi Domba Di Cv Mitra Tani Farmn, Ciampea Bogor
Authors: Syarief, Rizal
Maulana, Agus
Sholehana, Amalia
Issue Date: 2012
Publisher: IPB University
Abstract: Komoditas peternakan mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan. Beberapa peluang bisnis dalam mengembangkan peternakan diantaranya adalah, jumlah penduduk indonesia yang mencapai 220 juta jiwa merupakan konsumen yang sangat besar, dan masih tetap tumbuh sekitar 1.4 persen per tahun. Kedua, kondisi geografis dan sumber daya alam yang mendukung usaha industri peternakan. Keriga, meningkatnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang gizi. Keempar, jika pemulihan ekonomi berjalan baik maka akan meningkatkan pendapatan per kapita yang kemudian akan menaikkan daya beli masyarakat (Daryanto 2009). Dalam kontribusi PDB subsektor peternakan merupakan subsektor yang memainkan peran penting dalam pembangunan pertanian, karena selalu memberikan kontribusi PDB yang terus mengalami peningkatan, yaitu Rp 36.743,6 miliar di tahun 2009 dibandingkan sebelumnya Rp 32.356,5 miliar pada tahun 2005 (Dirjen Peternakan 2010). Salah satu komoditas peternakan di Indonesia yang cukup populer adalah domba. CV Mitra Tani Farm merupakan salah sanı peternakan yang turur meramaikan pasar perdagangan ternak domba di Bogor. Perusahaan ternak ini berdiri sejak tahun 2004 dan telah mampu memasarkan ternaknya sampai luar Bogor seperti Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, beberapa daerah di jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah. Frekuensi pemasaran MT farm ini meliputi pasar harian yang menyediakan domba untuk kebutuhan akikah dan acara lainnya seperti pernikahan baik dalam bentuk hidup, siap masak (potongan daging), dan siap saji (sate, gulai) serta pasar tahunan yang menyediakan domba untuk kurban. Luasnya jangkauan daerah pemasaran MT farm berimbas pada tingginya tingkat permintaan domba dari pihak konsumen baik pedagang maupun perorangan. Tahun 2011 penjualan domba mencapai 6.042 ekor atau sekitar 503 ekor per bulan. Berdasarkan hasil wawancara diketahui terdapat permintaan yang tinggi terhadap domba di MT farm yang melebihi jumlah domba yang mampu di jual kepada konsumen. Saat ini kapasitas domba yang biasa ditampung di kandang MT farm rata-rata berjumlah 600 ekor, kapasitas maksimum yang dapat di tampung di perusahaan itu bisa mencapai 1000 ekor domba. Akan tetapi kapasitas tampung di MT farm ternyata tidak terlalu berpengaruh terhadap jumlah domba yang dijual, hal tersebut terjadi karena domba yang berasal dari suplier tidak sempat sampai di kandang MT farm untuk digemukkan melainkan langsung dikirim lagi ke konsumen yang telah memesan. Kondisi tersebut menunjukkan permintaan domba di MT farm sangat tinggi, bahkan perusahaan tidak mempunyai persediaan domba untuk bisa digemukkan. Tingginya permintaan domba di MT farm yang akhirnya berimbas pada ketidakmampuan MT darm untuk memenuhi seluruh permintaan seluruh konsumennya, kondisi tersebut perlu diatasi guna menjaga loyalitas konsumen. Oleh karena itu MT farm harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan produksi domba, hal tersebut perlu dilakukan untuk menyelaraskan perusahaan.....dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162387
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R4512AMS.pdf
  Restricted Access
2.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.